Tangkap Dua Tersangka, BNNP Sumbar Amankan 200 Kg Ganja

Tangkap Dua Tersangka BNNP Sumbar Amankan 200 Kg Ganja Dua pelaku beserta barang bukti 200 Kilogram narkoba jenis Ganja yang berhasil diamankan BNNP Sumbar, Sabtu (17/8/2019)(Foto: Covesia/ M. iqbal)

Covesia.com - Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tangkap 2 pengedar narkoba di daerah Tapus, Pasaman. Dalam penangkapan tersebut, BNN berhasil mengamankan narkotika jenis ganja sekitar 200 Kilogram.

"Pada tanggal 17 Agustus 2019, sekitar pukul 01.00 WIB, kami berhasil menangkap dua tersangka pengedar narkoba yaitu KA (33) dan RR (29) dengan barang bukti 200 kg narkotika jenis ganja," ucap Kepala BNNP Sumbar Brigjen Pol Khasril Arifin,   saat konferensi pers di Kantor BNN Sumbar, Sabtu (17/8/2019). 

Khasril mengatakan, penangkapan bermula saat BNNP Sumbar mendapat informasi dari masyarakat akan lewat kiriman ganja dari Aceh menuju Sumbar. Pada tanggal 14 Agustus 2019, Tim BNNP Sumbar bersama BNNK Pasaman Barat langsung menuju ke Pasaman untuk melakukan pemetaan pengiriman ganja tersebut.

"Dari hasil penangkapan itu, sebenarnya BNNP akan menangkap tiga tersangka, namun satu tersangka lagi berhasil melarikan diri ke kebun warga dan sampai saat ini belum ditemukan," lanjut Khasril.

Lebih lanjut Khasril menyebutkan, nantinya barang haram tersebut akan dikirimkan ke daerah Solok. "Ada lima karung ganja yang diselundupkan di dalam mobil rental dan akan disebar ke daerah Solok," paparnya. 

Akibat dari perbuatannya, kata Khasril dua tersangka itu, KA dan RR akan dijerat pasal 114 ayat (2), 111 ayat (2) dan pasal 132 UU no 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

"Akibat perbuatannya, tersangka akan ditembak mati atau penjara maksimal 20 tahun dan denda paling banyak Rp10 Miliar," tuturnya.

Kontributor Padang: M. iqbal

Berita Terkait

Baca Juga