Polisi Bekuk Tiga Diduga Pelaku Penyalahgunaan Narkoba di Pasaman Barat

Polisi Bekuk Tiga Diduga Pelaku Penyalahgunaan Narkoba di Pasaman Barat Dua dari tiga pelaku beserta barang bukti yang berhasil diamankan Polisi di Pasaman Barat, Kamis (15/8/2019)(Foto: Istimewa)

Covesia.com - Jajaran Polisi Resor (Polres) Pasaman Barat melalui Kapolsek Ranah Batahan membekuk tiga orang diduga pelaku penyalahgunaan Narkoba jenis Sabu-sabu sekitar pukul 06.00 WIB, pada Kamis kemarin (15/8/2019).

Kapolres Pasaman Barat, AKBP Iman Pribadi Santoso melalui Kapolsek Ranah Batahan, Iptu Keling Dapit mengatakan pelaku masing-masing berinisial KH dan RN warga Kampung Parit, Kecamatan Koto Balingka.

Kapolsek Ranah Batahan, Iptu Keling Dapit mengatakan penangkapan itu berawal dari adanya laporan masyarakat bahwa pelaku membawa Narkotika jenis Sabu-Sabu dari daerah Kecamatan Koto Balingka ke daerah Ranah Batahan.

"Mendapati laporan itu, anggota Polsek Ranah Batahan melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan yang dicurigai dan melintas di depan Mapolsek sejak pukul 05.00 WIB pagi itu. Dari hasil pemeriksaan terhadap pengguna jalan raya, sekitar pukul 06.00 WIB didapatilah seorang pengendara sepeda motor jenis honda revo tanpa nomor Polisi ini membawa senjata tajam dan bong alat bekas memakai narkotika jenis sabu di dalam bagasi sepeda motornya yang dikendarai KH dan RN," sebut Kapolsek, Jumat (16/8/2019).

Adapun senjata tajam yang ditemukan dari kendaraan KH dan RN berupa satu unit linggis, satu buah kuku kambing, satu buah bonk bekas alat pakai untuk narkoba jenis sabu, dua buah sebo warna hitam dan satu buah buah pisau clurit.

“Setelah dilakukan pengembangan bahwa tersangka atas nama RN ini mengaku telah memakai Narkoba jenis Sabu-sabu yang dibeli dari saudara IS alias Lubis yang beralamat di Jorong Pasar Lamo, Nagari Ujung Gading. Kemudian kita langsung lakukan koordinasi dengan Kapolsek Lembah Melintang IPTU Alfian Nurman, SH untuk dilakukan penggeledahan,” katanya.

Kemudian pada pukul 11.00 WIB siangnya, Kapolsek Rabat Bersama Kapolsek Lembah Melintang langsung melakukan penggeledahan di rumah IS alias Lubis yang beralamat di Jorong Pasar Lama, Nagari Ujung Gading.

"Dari dalam rumah IS ditemukan Barang Bukti berupa satu bungkus sedang serbuk diduga Narkotika jenis Sabu-sabu seberat 4.45 Gram. Kemudian satu bungkus daun Ganja kering seberat 16.64 Gram, satu unit Timbangan digital dan uang tunai sejumlah Rp400 ribu," katanya.

Kata dia, petugas sempat mendapatkan penghadangan dari istri IS saat di lakukan penggeledahan kerumahnya. "Akhirnya beliau kita amankan karena mencoba menghalang-halangi penggeledahan. Penggeledahan turut disaksikan oleh Kepala Jorong setempat dan saat ini tersangka sudah diamankan di balik jeruji besi Mapolsek Rabat guna pemeriksaan lebih lanjut," tambahnya.

Pihaknya juga saat ini tengah melakukan koordinasi dengan Satuan Narkoba Polres Pasbar dan BNNK Pasaman Barat demi menentukan langkah-langkah penanganan selanjutnya.

(eri/don)



Berita Terkait

Baca Juga