Karhutla di Lunang Pessel, Informasi Terkini Api Mulai Padam

Karhutla di Lunang Pessel Informasi Terkini Api Mulai Padam Tim gabungan saat melakukan pemadaman di lokasi kebakaran lahan di Lunang, Pessel ( Foto: BPBD)

Covesia.com - Kebakaran lahan gambut di perbatasan Lunang dan Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) yang terjadi pada Sabtu 10 Agustus 2019 kemarin, terpantau pada Rabu (14/8/2019) kondisi api sudag mulai padam.

Kepala BPBD Pessel Herman Budiarto melalui Kepala Seksi (Kasi) Kedaruratan, BPBD, Doni Boy mengatakan, dari informasi sementara yang ia dapat dari Anggota Kodim Pessel yang berada di lokasi saat ini api sudah mulai padam.

"Untuk informasi pastinya kita masih belum tau. Sebab, ketika kita hubungi anggota di lokasi, tidak bisa dihubungi karna tidak ada jangkaun disana karna aksesnya jauh. Kini kita masih menunggu informasi dari anggota kita yang berada di lapangan," sebutnya saat dihubungi melalui telepon genggam, Kamis (15/8/2019).

Ia menambahkan, sementara dari hasil pantauan kita melalui hotspot BMKG titik api mulai berkurang atau tidak terlihat lagi. Sedangkan seblumnya dari pantauan hotspot ada dua titik api dilokasi kebakaran.

"Pantauan kita dari hotspot saat ini hanya terlihat gumpalan asap saja dari titik lokasi kebakaran," ujarnya

Lanjutnya, saat ini tim gabungan masih berada di lokasi kebakaran. Untuk jumlah anggota dari BPBD yang dikirimkan ke lokasi berjumlah sebanyak 20 orang.

"Untuk membantu proses pemadaman api di lokasi, kita menurunkan 20 orang anggota dalam tim gabungan bersama dalam upaya pemadaman api," ucapnya

Lanjutnya lagi dikatakan, dalam upaya memadamkan api dilokasi kebakaran hutan. Saat ini didukung dengan kondisi cuaca, dimana kondisi cuaca sore tadi mulai hujan.

"Sore kemarin sempat diguyur hujan. Dengan turunnya hujan tersebut, itu sangat membantu kita. Bisa jadi karna hujan beberapa titik api sudah mulai padam,"pungkasnya.

Kontributor Pessel: Indrayen Putra


Berita Terkait

Baca Juga