Pemkab Pasaman Minta Peran Serta Pramuka Berantas Narkoba

Pemkab Pasaman Minta Peran Serta Pramuka Berantas Narkoba Bupati Pasaman, Yusuf Lubis didampingi Kwarcab 0308/Pasaman, Mara Ondak saat memasangkan piagam lencana pancawarsa Kepramukaan di Lubuk Sikaping, Rabu (14/8/2019).

Covesia.com - Pemerintah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat menekankan tentang petingnya peran serta Pramuka dalam mengantisipasi penyalah gunaan dan peredaran narkoba yang tengah menjadi musuh bersama di daerah itu.

"Daerah Pasaman merupakan salah satu jalur yang digunakan pengedar Narkoba dari arah Sumatera Utara sebelum diedar ke daerah lain. Dalam kurun beberapa waktu ini sudah ratusan Kilogram Ganja diamankan Polres Pasaman. Belum lagi sejumlah tersangka yang diringkus, bahkan ada beberapa diantaranya masih berstatus pelajar. Untuk itu kami minta peran serta Pramuka untuk memberantas peredaran Narkoba ini dikalangan pelajar," kata Bupati Pasaman, Yusuf Lubis pada upacara peringatan ke-58 Gerakan Pramuka di Lubuk Sikaping, Rabu (14/8/2019).

Selain itu kata Yusuf Lubis, Pramuka diharapkan juga menjadi pelopor cinta produk dalam negeri.

"Kemudian tanggap bencana alam serta mempunyai rasa setia kawan yang tinggi. Kemudian yang tak kalah penting adalah Pramuka harus memiliki rasa nasionalisme dan bersama-sama menjaga keutuhan NKRI," katanya.

Sementara Ketua Kwarcab 0308/Pasaman, Mara Ondak menambahkan bahwa pihaknya merasa bangga karena perkembangan kepramukaan di Kabupaten Pasaman dinilai begitu pesat dan memperoleh dukungan positif dari berbagai pihak. 

"Untuk itu, melalui peringatan Hari Pramuka ke-58 ini diharapkan menjadi tonggak yang penting untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan-kegiatan kepramukaan di berbagai tingkatan baik siaga, penggalang, penegak maupun pandega," katanya.

Pihaknya memiliki komitmen yang kuat untuk secara terus menerus mengembangkan kepramukaan di Kabupaten Pasaman.

"Mengingat gerakan pramuka merupakan wahana yang efektif untuk membangun bangsa khususnya melalui generasi muda, diantaranya untuk penguatan nasionalisme, pembentukan karakter, dan penguatan jati diri terhadap generasi muda khususnya generasi muda Pasaman," katanya.

Pada upacara itu Kamabicab Pasaman didampingi Ketua Kwarcab Pasaman juga menyerahkan dan memasangkan piagam lencana pancawarsa Kepramukaan kepada empat orang pembina Pramuka Pasaman. 

Adapun keempat pembina Pramuka itu yakni, Asmini meeupakan pelatih Pusdilatcab Pasaman menerima piagam lencana pancawarsa I, Yulius Sabri anggota Mabiran Rao menerima piagam lencana pancawarsa I, Wati Oktavia pembina gudep menerima piagam lencana pancawarsa I, dan Mulyadi pembina gudep menerima piagam lencana pancawarsa I.

Selanjutnya, usai upacara dilanjutkan dengan penampilan PBB bertongkat oleh siswa siswi MTsN 2 Pasaman. Peserta PBN bertongkat itu, merupakan peserta yang akan mewakili Pasaman pada lomba Giat Prestasi Tingkat Sumbar yang akan dilaksanakan di Tanah Datar pada bulan September 2019 mendatang.

Acara itu ditutup dengan acara penyerahkan tropi dan piagam kepada para pemenang lomba PBB bertongkat tingkat penggalang, penegak, dan pembina se Kabupaten Pasaman yang telah dilaksanakan di pelataran Gor Tuanku Rao Lubuksikaping beberapa waktu lalu.

(her)

Berita Terkait

Baca Juga