7 Parpol Dipastikan Tak Masuk DPRD Provinsi

7 Parpol Dipastikan Tak Masuk DPRD Provinsi Ketua KPU Sumbar, Amnasmen. (Foto: Fadil/ Covesia)

Covesia.com - Sebanyak tujuh Partai Politik (Parpol) dipastikan tidak bergabung dalam perolehan kursi di DPRD Sumatera Barat (Sumbar). Ketujuh partai itu adalah Partai Garuda, Partai Berkarya, Partai Perindo, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Hanura, Partai Bulan Bintang dan Partai Keadilan Persatuan Indonesia.

"Ada 7 Parpol yang kebetulan tidak memperoleh kursi," papar Ketua KPU Sumbar, Amnasmen usai rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih anggota DPRD Sumbar di Mercure Hotel, Rabu (14/08/2019).

Amnasmen mengatakan, terdapat 16 Parpol yang terdaftar dalam perebutan kursi di DPRD Sumbar, namun hanya 9 partai politik yang memperoleh kursi. 

"Dari 16 partai, ada 9 partai yang memperoleh kursi," paparnya.

Lanjut Amnasmen, total ada 65 kursi yang ada di DPRD Sumbar. Selanjutnya hasil penetapan akan disampaikan kepada Gunernur Sumbar agar ditindak lanjuti ke Kemendagri.

"Nama yang kita tetapkan akan dikirimkan kepada Gubernur, peserta pemilu baik partai maupun calon anggota terpilih," lanjutnya.

Diketahui, pada rapat pleno tersebut, perolehan kursi terbanyak didapatkan oleh partai Gerindra sebanyak 14 kursi. 

Posisi kedua terbanyak ditempati oleh partai PKS, PAN dan Demokrat masing-masing mendapat 10 kursi.

Kemudian, Partai Golkar 8 kursi, Partai Persatuan Pembangunan dengan 4 kursi. Selanjutnya Partai Kebangkitan Bangsa, PDI Perjuangan dan Partai Nasdem masing-masing 3 kursi. 

Kontributor: Muhammad Iqbal

Berita Terkait

Baca Juga