KPU Sumbar Ajukan Rp 156 Miliar untuk Pilkada 2020

KPU Sumbar Ajukan Rp 156 Miliar untuk Pilkada 2020 Ketua KPU Sumbar Amnasmen (Foto: Dok. Covesia)

Covesia.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat (Sumbar) mengajukan anggaran sebesar Rp 156 miliar untuk Pemilihan Ketua Daerah (Pilkada) tahun 2020. Rancangan anggaran tersebut akan diajukan ke pemerintah Provinsi Sumbar.

"Kami akan mengundang pemerintah provinsi membahas apa saja yang dibutuhkan oleh KPU menjelang Pilkada 2020," ucap Ketua KPU Sumbar Amnasmen usai rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih anggota DPRD Sumbar di Mercure Hotel, Rabu (14/08/2019).

Amnasmen mengatakan, anggaran itu meningkat dibanding Pilkada tahun 2015 dikarenakan kenaikan harga barang untuk kebutuhan logistik dan meningkatnya honor penyelenggara Pilkada berdasarkan Permendagri.

"Pilkada tahun 2015 kami hanya mengajukan Rp 78 miliar namun hanya Rp 58 miliar yang terealisasi, tingginya kebutuhan logistik dan honor penyelenggara merupakan salah satu faktor meningkatnya anggaran Pilkada tahun 2020," ujarnya.

Kata Amnasmen, anggaran Rp 156 miliar itu termasuk dalam persiapan, honor peserta, kampanye, sosialisasi dan logistik. "Anggaran itu telah kita estimasikan untuk persiapan menjelang Pilkada 2020," paparnya.

Untuk menghemat anggaran, Amnasmen mengungkapkan, KPU Sumbar telah mengajukan kepada KPU RI agar kotak dan bilik suara yang bisa digunakan usai Pemilu 2019 dapat dipakai dalam Pilkada 2020.

"Jika kotak dan bilik suara itu masih bagus, maka itu yang akan kita pakai, kita masih menunggu keputusan dari KPU pusat bagaimana nantinya," lanjutnya.

Kontributor: Muhammad Iqbal

Berita Terkait

Baca Juga