Gelar Rapat Pleno Terbuka, KPU Sumbar Tetapkan 65 Kursi DPRD Provinsi

Gelar Rapat Pleno Terbuka KPU Sumbar Tetapkan 65 Kursi DPRD Provinsi Gedung DPRD Sumbar (Dok.Covesia)

Covesia.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menetapkan perolehan jumlah kursi partai politik dan penetapan calon terpilih untuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumbar dalam Pemilihan Umum tahun 2019. 

Penetapan kursi dan calon legislatif dilaksanakan dalam rapat pleno terbuka di Mercure Hotel, Padang, Rabu (14/08/2019). 

KPU Sumbar telah menetapkan sebanyak 65 calon terpilih anggota DPRD Sumbar yang terdiri dari 9 partai politik.

Pada rapat pleno tersebut, perolehan kursi terbanyak diperoleh partai Gerindra sebanyak 14 kursi. Posisi kedua ditempati PKS, PAN dan Demokrat masing-masing mendapat 10 kursi. 

Kemudian, Partai Golkar 8 kursi, Partai Persatuan Pembangunan dengan 4 kursi. Selanjutnya Partai Kebangkitan Bangsa, PDI Perjuangan dan Partai Nasdem masing-masing 3 kursi. 

Ketua KPU Sumbar Amnasmen berterima kasih kepada KPU Kabupaten/ kota,  Bawaslu dan TPS yang telah melaksanakan rangkaian kegiatan Pemilihan Umum sejak tanggal 17 April 2019.  

"Ini merupakan rangkaian proses yang telah kita lakukan bersama, hasil ini telah bisa kita tetapkan," papar Amnasmen selaku pimpinan rapat pleno terbuka. 

Lanjut Amnasmen, dari 65 calon legislatif terdiri dari 9 partai politik yaitu Gerindra, PKS, PAN, Demokrat, Golkar, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Kebangkitan Bangsa, PDIP dan Nasdem. 

"Ada 9 Parpol yang masuk dari 65 caleg yang telah ditetapkan," ucapnya. 

Kontributor: Muhammad Iqbal

Berita Terkait

Baca Juga