Pemkot Pariaman Gelar Pemilihan Pelajar sebagai Pelopor Berlalu Lintas

Pemkot Pariaman Gelar Pemilihan Pelajar sebagai Pelopor Berlalu Lintas Pemkot Pariaman Gelar Pemilihan Pelajar Sebagai Pelopor Berlalu Lintas, Selasa (13/8/2019)(Foto: Humas)

Covesia.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pariaman, menggelar pemilihan pelajar sebagai pelopor keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan tingkat Kota Pariaman.

"Dipilihnya pelajar ini, karena banyaknya kecelakaan berlalu lintas yang dialami oleh anak-anak usia produktif atau pelajar," ucap Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin, di Convention Hall Ananda, Kampung Pondok Pariaman, Selasa (13/8/2019).

Lanjut Mardison, bahwa keselamatan di jalan merupakan menjadi perhatian pemerintah. Untuk itu harus adanya pelopor keselamatan ini, guna meningkatkan kesadaran dalam mematuhi peraturan berlalu lintas.

Dikatakan Mardison, Kota Pariaman tercatat sebanyak 60 persen kecelakaan yang sering terjadi merupakan anak remaja mulai usia 15 tahun sampai 19 tahun. 

"Dari data yang kami dapat, bulan Januari sampai Juni tahun 2019, sudah ada 10 orang meninggal akibat kecelakaan berlalu lintas dengan sepeda motor," ucapnya.

Mardison menyebutkan, kegiatan ini sebagai rangsangan dalam meningkatkan kesadaran mematuhi berlalu lintas, mengurangi resiko kecelakaan dengan mengubah prilaku sebagai pengguna jalan.

"Memahami dan membangun rasa kesadaran generasi muda melalui pelajar pelopor berprilaku tertib lalu lintas dan memberikan prestasi kepada pelajar pelopor yang memahami betapa pentingnya menjaga keselamatan di jalan raya," sebutnya.

Mardison berharap nantinya, sebagai pelajar pelopor dapat menyampaikan kepada teman di lingkungan sekolah dan masyarakat bahwa perlunya mematuhi peraturan lalu lintas.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kota Pariaman, Yandrileza mengatakan, sebanyak 55 orang peserta yang ikut pemilihan pelajar pelopor keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan tingkat Kota Pariaman ini.

"Untuk peserta yang mengikuti pemilihan pelajar pelopor ini merupakan SMA/SMK sederajat se Kota Pariaman. Karena pelajar sangat rentan menjadi korban kecelakaan lalu lintas sehingga mereka sangat perlu diberikan pemahaman tertib berlalu lintas agar nyaman dan selamat di jalan raya," ungkapnya.

Kontributor Pariaman: Peri Musliadi

Berita Terkait

Baca Juga