Terbanyak, Gerindra Peroleh 9 Kursi di DPRD Agam

Terbanyak Gerindra Peroleh 9 Kursi di DPRD Agam Rapat Pleno KPU Agam (Foto: Johan/ Covesia)

Covesia.com - Partai Gerakan Indonesia Raya, (Derindra) mendapatakan kursi terbanyak di DPRD Agam pada pemilu 2019  yaitunya dengan perolehan 9 buah kursi.

ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Agam, Riko Antoni saat rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih anggota DPRD Agam Pemilu 2019 di Hotel Sakura Syariah, Selasa (13/7/2019) mengatakan ini memperoleh kursi di seluruh daerah pemilihan dan memperoleh dua buah kursi, di 3 dapil.

Sementara itu untuk perolehan terbanyak ke dua disusul Partai Demokrat dengan perolehan tujuh kursi, PKS juga tujuh kursi, PAN enam kursi, Golkar lima kursi, PPP lima kursi, Nasdem dua kursi, PBB dua kursi, Berkarya satu kursi dan terakhir Hanura juga mendapatkan satu kursi.

" Saat ini ada 6 partai yang tidak memiliki kursi Di DPRD Agam, enam partai itu adalah PKB, PDIP, Garuda, Perindo, PSI dan PKPI untuk PKB dan PKPI partai ini tidak mengajukan calon pada tahapan pencalonan ke KPU Agam," ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com.

Usai Pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih anggota DPRD Agam Pemilu 2019, KPU Agam langsung menyerahkan  hasil rapat kepada Pemda Agam, untuk tahap selanjutnya pengajuan SK ke Gubernur Sumbar.

Sementara itu Sekretaris Daerah Agam Martias Wanto menuturkan, pihaknya akan segera meneruskan hasil pleno KPU Agam ke Gubernur Sumbar agar segera bisa di SK kan. "Untuk pelantikan 45 anggota DPRD terpilih akan dilakukan secepat mungkin, apabila surat keputusan sudah diterima," terangnya.

(han)

Berita Terkait

Baca Juga