PHBI: Momentum Lebaran Kurban Sebagai Tauladan Kesetiaan 3 Orang Hamba Allah

PHBI Momentum Lebaran Kurban Sebagai Tauladan Kesetiaan 3 Orang Hamba Allah Perayaan Salat Idul Adha di Halaman Kantor Gubernur Sumbar (11/8/2019) (Foto: Laila Marni)

Covesia.com - Ribuan masyarakat Sumatera Barat melaksanakan salat Idul Adha di halaman kantor gubernur Sumbar. Salat Idul Adha ke 1440 Hijriah ini juga dihadiri oleh Gubernur Sumbar, Wakil Gubernur Sumbar juga ketua DPRD Sumbar.

Ketua Perayaan Hari Besar Islam (PHBI) Sumbar, Alwis mengatakan bahwa pelaksanaan salat Idul Adha di halaman kantor gubernur tak jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.  “Tahun ini yang bertindak sebagai imam adalah Bakri SIQ dan khatib Syukra Iska” ungka[pnya.

Lebih lanjut, Alwis mengatakan bahwa momentum hari raya kurban ini dapat dijadikan sebagai tauladan kesetiaan 3 orang hamba Allah. “Pertama, kita belajar akan kesetiaan Siti Hajar dan kepatuhannya pada ang suami hingga ia rela ditinggalkan di padang pasir dan rela bila Ibrahim A.S kembali kepada Siti sarah,” jelanya.

Kedua, kesetiaan Ibrahim kepada tuhannya dengan memenuhi perintah Allah untuk menyemblih anakna padahal ia sudah lama menantikan kehadiran seorang anak.

Ketiga, keikhlasan seorang Ismail yang rela disemblih sebab mengharp ridha Allah.

“Kita dapat mengambil pelajaran dari tiga hamba Allah yang sangat setia tersebut,” ungkapnya.

Gubernur Sumatra Barat, Irwan Prayitno dalam sambutannya mengatakan bahwa kurban tak hanya sebuah ibadah tapi juga membantu perekonomian. “Melalui kurban, rasa empati akan muncul, rasa solidaritas dan saling membantu,”ungkapnya.

Kontributor: Laila Marni

Berita Terkait

Baca Juga