Fenomena Ribuan Ubur-ubur Mati di Sungai Pinang Pengaruhi Hasil Tangkapan Nelayan

Fenomena Ribuan Uburubur Mati di Sungai Pinang Pengaruhi Hasil Tangkapan Nelayan Foto, Ribuan Ubur-ubur mati terdampar di pantai KWT Mandeh dan Kenagarian Sungai Pinang, Pessel, Sumbar (Istimewa)
Covesia.com - Sebelum ribuan ubur-ubur mati terdampar di Kawasan Wisata Terpadu Mandeh dan Sungai Pinang, Kecamatan Koto XI Tarusan, Sumatera Barat (Sumbar) keberadaan ubur-ubur dikawasan tersebut mempengaruhi hasil tangkap nelayan tradisional setempat.

Hal demikian diungkapkan oleh tokoh masyarakat setempat yang juga menjawabat sebagai Ketua Kerapatan Adad (KAN) Nagari Sungai Pinang, sebelum mati terdampar di pantai puluhan ribu ubur-ubur memenuhi peraian setempat.

"Keberadaan ubur-ubur diperairan kita sebenarnya sudah terjadi semenjak 15 hari lalu. Sebelum terdampar mati ke bibir pantai, keberadaan ubur-ubur sudah terlihat diperairan kita. Dan keberadaan ubur-ubur sangat mempengaruhi hasil tangkap nelayan,"sebutnya pada Covesia.com Jumat (9/8/2019)

Ia menambahkan, pengaruh ubur-ubur itu, sangat berpengaruh pada hasil tangkap tradisional seperti pukat hela. Dimana, hasil tanggkap pukat hela lebih banyak mendapatkan ubur-ubur dari pada ikan.

"Lebih banyak ubur-ubur isi jaring pukat dari pada ikan. Karena banyaknya ubur-ubur yang masuk pada jaring pukat membuat ikan yang telah terperangkap bisa lari keluar jaring,"ujar Ketua KAN

Lanjut dikatakan, sejauh ini semenjak keberadaan ubur-ubur diperairan Sungai Pinang, belum ada upaya dari pemerintah daerah setempat.

"Kalau upaya belum ada, mungkin karna keberadaan ubur-ubur musiman, tapi memang selama 15 hari hasil tangkap nelayan tradisional daerah kita sangat jauh berkurang dari sebelumnya,"pungkasnya

Sementara, Pemda setempat saat dikonfirmasi melalui Kepala Dinas Perikanan Pesisir Selatan, Andi Syafinal mengatakan, dirinya belum mengetahui soal matinya ribuan ubur-ubur dan keberadaan ubur-ubur di kawasan mandeh dan sunai pinang itu.

"Belum tau saya soal ubur-ubur mati itu. Saya lagi rapat di Padang soal anggaran,"katanya saat dihubungi wartawan

Ketika ditanyai soal penyebab matinya ubur-ubur itu, dia juga mengaku tidak mengetahui. Kendati demikian, ia bakal meminta anggotanya untuk meninjau ke lokasi kejadian.

"Secara prinsip yaaa, saya telpon dulu anggota kelapangan," tutupnya

Kontributor Pessel: Indrayen

Berita Terkait

Baca Juga