Tahun ini, Disdukcapil Pasaman Bakal Cetak 10.000 Kartu Identitas Anak

Tahun ini Disdukcapil Pasaman Bakal Cetak 10000 Kartu Identitas Anak Lounching penerbitan KIA yang diserahkan Bupati Pasaman, Yusuf Lubis kepada salah seorang anak di halaman Kantor Bupati setempat, Jum'at (9/8/2019)

Covesia.com - Pemerintah Kabupaten Pasaman melalui Dinas Penduduk dan Catatan Sipil (Disdukcapil) bakal mencetak 10.000 Kartu Identitas Anak (KIA) di Tahun 2019 ini. KIA tersebut diperuntukan bagi anak yang berusia dibawah 17 tahun.

"Jumlah Anak usia 0-16 Tahun di Kabupaten Pasaman ada sebanyak 88. 362 orang. Sementara untuk tahun ini dari anggaran yang ada, kita bakal mencetak KIA baru sebanyak 10.000 buah," terang Kepala Disdukcapil Pasaman, Sukardi kepada Covesia.com, Jumat (9/8/2019).

Menurut Sukardi, secara umum KIA memiliki kegunaan yang sama dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagaimana yang diatur dalam Permendagri Nomor 2 Tahun 2016.

"Penerbitan KIA ini bertujuan untuk dapat melindungi pemenuhan hak anak, menjamin akses sarana umum, hingga mencegah terjadinya perdagangan anak. Kartu ini juga dapat menjadi bukti identifikasi diri ketika sewaktu-waktu mengalami peristiwa buruk," kata Sukardi.

Untuk pencetakan tersebut kata dia pihaknya saat ini tengah melakukan pengecekan validasi data terakhir yang sudah termutakhirkan.

"Sebab data-data anak dari usia 0-16 tahun yang mau diterbitkan KIAnya itu sudah ada di server kita. Namun akan kita cek lagi sebelum dicetak. Agar nanti data di KIA yang dicetak tidak salah," tambahnya.

Disamping itu kata dia, bagi anak yang usia dibawah lima tahun belum memiliki KIA bisa langsung datang ke Disdukcapil untuk diterbitkan dengan memenuhi sejumlah persyaratan.

"Usia dibawah lima tahun syaratnya membawa foto kopi akte kelahiran, KK dan KTP orangtua anak yang asli. Sementara untuk anak usia 5-16 tahun membawa foto kopi akte kelahiran, KK dan KTP orangtua serta foto anak berwarna yang berukuran 2×3 sebanyak dua lembar," katanya.

Pihaknya juga mengupayakan saat masyarakat melakukan pengurusan KK, dan KTP akan langsung diterbitkan KIA anaknya. Agar target pencetakan 10.000 buah KIA tersebut segera terealisasi.

(hri)

Berita Terkait

Baca Juga