Pelaksanaan Salat Idul Adha 1440 H, Sumbar Pusatkan di Halaman Kantor Gubernur

Pelaksanaan Salat Idul Adha 1440 H Sumbar Pusatkan di Halaman Kantor Gubernur Kantor Gubernur Sumbar (wikipedia)

Covesia.com- Pelaksanaan salat Idul Adha 1440 Hijriah di Sumatera Barat (Sumbar) akan dipusatkan di kawasan halaman kantor Gubernur Sumbar pada Minggu (11/08/2019). Pelaksanaan salat akan dimulai pukul 07.00 WIB.

Kepala Biro Humas Pemprov Sumbar Jasman Rizal mengatakan, nantinya pelaksanaan akan dipusatkan di halaman kantor gubernur dan Masjid Raya Sumbar akan disiapkan sebagai alternatif jika terjadi hujan.

"Masjid Raya dan Halaman kantor gubernur akan dikondisikan pada hari Sabtu, nantinya dua lokasi itu sebagai tempat salat," ucapnya kepada Covesia.com, Jumat (09/08/2019).

Jasman melanjutkan, yang bertindak sebagai imam adalah Bakri SIQ sedangkan khatib akan disampaikan oleh Syukri Iska. "Sebelum khatib naik mimbar, juga akan ada sambutan dari pejabat provinsi Sumbar," lanjutnya.

Setelah pelaksanaan Salat Idul Adha, kata Jasman, akan ada proses pemotongan tujuh hewan kurban di kawan kantor gubernur.

"Pemprov menyediakan tujuh ekor sapi, tapi bukan disembelih semuanya, kami akan mendata kabupaten yang kekurangan hewan kurban, jika ada akan kami kirim dari tujuh ekor itu," ujarnya.

Dikabarkan, data Dinas Peternakan dan Keswan Sumbar, jumlah hewan kurban di provinsi tahun 2019 diperkirakan sebanyak 46 ribu ekor. Angka tersebut tidak jauh berbeda dengan jumlah hewan kurban tahun 2018.

Pasokan hewan kurban tahun ini didatangkan dari Pesisir Selatan, Dharmasraya, dan Solok Selatan, serta beberapa daerah lain di Sumatra Barat dan juga dari luar provinsi.

Kontributor: Muhammad Iqbal

Berita Terkait

Baca Juga