Tahun 2019, Pemda Agam salurkan 950 Ribu Bibit Ikan

Tahun 2019 Pemda Agam salurkan 950 Ribu Bibit Ikan istimewa

Covesia.com - Tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) sudah menyalurkan 950.000 bibit ikan kepada masyarakat.

Kepala Dinas Perikanan Dan Ketahanan Pangan (DPKP) Agam Ermanto mengatakan, untuk tahun 2019 ini  pihaknya menargetkan akan menyalurkan 2 juta ekor bibit untuk para warga dan pembudidaya.

"Kecamatan Tanjung Raya, adalah daerah penghasil ikan air tawar terbesar di Kabupaten Agam, namun kondisi tercemarnya air Danau Maninjau membuat hasil budidaya masyarakat berkurang jadi untuk memenuhi permintaan kita membuat program mencetak dan mengaktifkan kembali kolam ikan air darat serta memberikan bibit sekaligus pelatihan," ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com Senin (22/7/2019).

Dilanjutkan Ermanto, berbagai jenis ikan sudah disalurkan di seluruh kecamatan di kabupaten Agam seperti nila, majalaya, koi dan gurame tergantung kebutuhan dan kondisi daerah.

"Untuk Kecamatan Lubuk Basung, Tanjung Mutiara, IV Nagari dan Palembayan saat ini kita mengarahkan masyarakat membudidaya ikan gurame, Majalaya dan nila, sementara itu dan untuk kecamatan lainnya kita salurkan beragam sesuai permintaan dan kebutuhan," lanjutnya.

Selain mencetak baru dan mengaktifkan kembali kolam lama, pihaknya  juga mengarahkan masyarakat  untuk memanfaatkan aliran parit dan irigasi agar kembali produktif, hal ini biasanya berbentuk ikan larang pemuda, nagari maupun kelompok.

"Pemanfaatan aliran parit sangat bagus karena ikan hidup bebas di air yang mengalir, selain itu bisa menjadi pemasuka  tambahan bagi kelompok ikan larang serta daya tarik bagi pecandu  wisata pancing," tutupnya.

(han)

Berita Terkait

Baca Juga