Atasi ''Kemacetan Berzaman'' Jalur Padang-Bukittinggi, Pasar Koto Baru Direvitalisasi

Atasi Kemacetan Berzaman Jalur PadangBukittinggi Pasar Koto Baru Direvitalisasi Ratusan kendaraan terjebak macet saat melintas Pasar Koto Baru, Kabupaten Tanah Datar, Sumbar. Foto: Antara

Covesia.com - Guna mengantisipasi kemacetan di kawasan Koto Baru yang sudah sejak sekian lama terjadi saat "hari balai" berlangsung, pemerintah Tanah Datar, Sumbar merevitalisasi jalur Padang-Bukittinggi di pasar setempat dengan melakukan pelebaran jalan.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno saat acara peletakan batu pertama revitalisasi Pasar Koto Baru, Sabtu (20/7/2019) mengatakan, berbagai cara telah dilakukan pemerintah untuk mencari solusi kemacetan pasar Koto Baru.

"Namun melalui revitalisasi pasar inilah baru bisa dilakukan guna mengantisipasi kemacetan di jalan sekitar pasar," katanya.

Irwan menyebutkan, revitalisasi pasar dilakukan dengan pembebaskan lahan masyarakat yang berada di belakang pasar. Masyarakat setempat telah bersedia untuk ganti rugi lahan.

"Jalan akan diperlebar sehingga ada dua jalur Padang-Bukittinggi dan sebaliknya. Dan untuk pasar akan digeser ke belakang dengan ditambah lahan dari masyarakat setempat," ujarnya.

Sementara itu, Marwan, kepala dinas koperasi usaha kecil dan menengah perindustrian dan perdagangan Pemkab Tanah Datar, menuturkan pada tahap I revitalisasi pasar dilakukan pelebaran jalan. 

"Pelebaran jalan dimundurkan 350 meter ke belakang. Itu sudah termasuk pelebaran jalan dan pembuatan badan jalan. Otomatis pasar mundur ke belakang, sehingga tidak menganggu lagi ke jalan yang mengakibatkan kemacetan," jelasnya.

Ia menjelaskan, nanti jual beli di pasar Koto Bari dilakukan di bagian belakang pasar. Aktivitas jual beli di depan ditiadakan.

"Untuk tahap I ada pelebaran dua jalur jalan. Pembuatan jalan agar mobil barang bisa masuk ke belakang pasar dan gudang bongkar muat.

Revitalisasi ini menggunakan dana Rp 13,6 M dan ditargetkan selesai Desember 2019, pungkasnya.

(deb/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga