Sejumlah Fasilitas di Objek Wisata Rimbo Panti Kabupaten Pasaman Rusak Parah

Sejumlah Fasilitas di Objek Wisata Rimbo Panti Kabupaten Pasaman Rusak Parah Salah satu fasilitas di objek wisata Rimbo Panti di Pasaman banyak yang rusak (Foto: Ist)

Covesia.com - Berbagai fasilitas di objek wisata Rimbo Panti yang berada di kawasan Cagar Alam Jalan Lintas Sumatera Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat saat ini mengalami rusak parah yang tak kunjung diperbaiki.

Tak ayal, dengan terpuruknya kondisi fasilitas objek wisata Rimbo Panti ini sepi akan pengunjung. Bahkan sejumlah masyarakat setempat yang biasa mengunjungi tempat itu, juga sangat menyayangkan kondisi tersebut.

Dalam pantauan Covesia.com, adapun fasilitas Objek Wisata Rimbo Panti yang rusak parah diantaranya yaitu Tempat bermain anak, Patung Harimau Sumatera, dan Gua bermain. Kemudian Musholla yang biasa digunakan pengunjung juga rusak parah dengan atap yang bocor dan lapuk. 

Disamping itu, kalau biasanya pengunjung dimanjakan dengan fasilitas pemandian air panas sebagai ikon objek wisata Rimbo Panti, kini sudah tidak bisa dimanfaatkan lagi. Karena atap bangunan yang bocor dan lapuk membuat airnya kotor serta berlumut. 

Kemudian berbagi kanopi pelindung jalan menuju tempat pemandian air panas itu juga tampak rusak parah. Belum lagi berbagai bangunan yang ada di daerah itu kondisinya seperti bangunan tua tak terawat. 

Salah seorang warga setempat, M. Abdi Lubis kepada Covesia.com, mengaku sangat menyayangkan parahnya kondisi fasilitas Objek Wisata Rimbo Panti itu.

"Padahal Objek Wisata Rimbo Panti ini satu-satunya tempat rekreasi di daerah kami. Biasanya tempat ini ramai dikunjungi baik keluarga maupun muda-mudi untuk menikmati udara segar di sana. Namun dengan keadaan terburuk sekarang, tempat ini tak lagi ramai seperti dulu," ungkap M. Abdi Lubis, Jumat (19/7/2019).

Menurut M. Abdi Lubis, sepinya pengunjung diakibatkan tempat bermain anak-anak yang dulunya bagus kini telah usang tak terawat.

"Kemudian tempat pemandian air hangat yang dulu bersih kini kotor. Selanjutnya, Musholla yang dulunya bagus untuk tempat beribadah, kini tak lagi bisa dimasuki karena banyak puing-puing asbes berserakan," tambahnya.

Dirinya meminta kepada pihak berwenang untuk segera membenahi berbagai fasilitas yang rusak tersebut. "Padahal setiap hari, maupun momen lebaran tempat ini selalu dipungut retribusi (karcis). Kalau iya, uangnya kemana? Untuk siapa? Masyarakat sudah muak di iming-imingi janji manis tanpa bukti," ungkapnya.

Cuitan pengunjung lewat Media Sosial disalah satu grup Facebook Kabupaten Pasaman juga turut disampaikan oleh Irone Wanvibowo Syam yang menyoroti kondisi tersebut.

"Objek Wisata Air Mandi Angek Rimbo panti.. Sangat-sangat Sadieh. Banyak yang ka mandi indak Jadih Doh. Semoga Pemda Pasaman Liek lah dan Pelok," tulisnya.

(eri/don)

Berita Terkait

Baca Juga