Tempat Makan Pakai Nama 'Neraka' hingga 'Setan' di Padang akan Ditertibkan Satpol PP

Tempat Makan Pakai Nama Neraka hingga Setan di Padang akan Ditertibkan Satpol PP Ilustrasi (google)

Covesia.com - Maraknya kafe maupun tempat makan yang memakai nama tempat maupun menu dengan nama yang kurang pantas mendapat perhatian serius dari Pemerintah Kota Padang. Pemko Padang melalui Satpol PP akan tertibkan nama tempat makan atau kafe yang menggunakan kata seperti neraka, setan, iblis, gila, dajjal dan sebagainya.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Padang Al Amin mengatakan, nama-nama tersebut dirasa tidak sesuai dengan adat istiadat di Ranah Minang yang berlandaskan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK).

"Kita tidak melarang mereka berkreasi, tapi buatlah kreasi yang sifatnya mendidik,  kita sudah data rumah makan tersebut,  setelah kita surati dengan melampirkan himbauan wali kota akan kita tertibkan,” ujar Al Amin, dalam siaran persnya, Kamis (18/7/2019).

Mantan Kadis DLH ini menambahkan, pemakaian nama tak lazim dan tidak pantas itu dapat berdampak kepada keimanan generasi muda.

"Kita khawatir kalau mereka sudah biasa dengan kata-kata "neraka" dan sebagainya itu, nantinya mereka menganggap neraka itu biasa saja, atau mereka hanya bandingkan neraka dengan tingkat pedas suatu makanan, padahal seperti kita tahu, neraka adalah tempat yang paling ditakuti oleh umat Islam,” jelas Al Amin.

Al Amin pun menambahkan, langkah yang dilakukan Pemkot Padang Setelah himbauan baru kita lakukan penertiban, tergantung dari tanggapan para pemilik usaha sendiri.

"Kita harapkan para pemilik tempat makan mau mengubah namanya, silahkan berkreasi untuk menarik pembeli, tapi tentu sesuai koridor dan norma yang berlaku,” pungkas Al Amin.

(*/don)

Berita Terkait

Baca Juga