Mengenal Nikola Tesla, Sang Jenius yang Dianggap Memiliki Ide Gila

Mengenal Nikola Tesla Sang Jenius yang Dianggap Memiliki Ide Gila Nicolas Tesla

Covesia.com - Nama Nikola Tesla akan asing oleh kebanyakan orang, namun taukah anda bahwa Nikola Tesla memiliki peran penting untuk hidup kebanyakan manusia sekarang ini. Kenapa tidak, berkat penemuannya, listrik dapat mengalir dan menjadi sumber energi hingga manusia bisa saling terhubung satu dengan lainnya.

Namun, namanya seolah tenggelam oleh nama rivalnya Thomas Alva Edison yang hidup pada zaman yang sama. Nama Thomas Alva Edison sudah terkenal semenjak di bangku kita sekolah, ya Edison yang telah menciptakan bola lampu.

Nikola Tesla memang lebih muda dibanding Edison, namun ia merupakan penemu dan ilmuan paling jenius di abad 19. Ia dijuluki “Ilmuan Gila” (mad scientist) karena pemikiran anehnya tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Ia pertama kali mengembangkan ide arus bolak-balik (AC-Alternating Current).

Ada lima penemuan Tesla yang paling berpengaruh bagi dunia.

1.Radio

Tesla adalah orang yang pertama kali menemukan radio yakninya 1943 yang dinyatakan oleh pemerintah USA. Namun, sempat terjadi kontroversi karena kantor paten AS menyatakan bahwa radio ditemukan oleh Guglielmo Marconi tahun 1904, padahal Tesla lebih awal menemukan sinyal radio tahun 1895.

2. Remot Control

Tahun 1898 Tesla membuat decak kagum orang-orang kagum atas penemuannya yang mampu menggerakkan kapal dalam sebuah aquarium besar dengan pemikirannya. Padahal ia menggunakan remot control dari kayu untuk mengendalikan kapal tersebut. Penemuannya tersebut menjadi landasan robotik dan remot control. Hingga kini penemuannya itu terus dikembangkan oleh manusia lain dengan terciptanya drone.

3. Motor Listrik

Berangkat dari keresahannya melihat manusia amat tergantung pada minyak bumi, Tesla kembali menemukan suatu temuan penting, yakninya motor listrik. Caranya ialah dengan memusatkan kekuatan berputar pada medan magnet. Meski sempat menyerah pada tahun 1930 akibat krisis ekonomi, temuan Tesla menjadi cikal bakal penemuan besar motor listrik lainnya.

4. Transfer energi Nirkabel Jarak Jauh

Tesla dianggap gila karena pemikirannya yang mengatakan kemungkinan menangkap energi matahari, berkomunikasi secara global listrik wireless dan sebagainya melalui tower. Tak main-main Tesla membangun sebuah tower  di Shoreham, Long Island. Meski dianggap gila, manusia seluruh penjuru dunia bisa menikmati hasil pemikiran Tesla tersebut.

5. Pesawat tak bersayap

Ide gila lagi dari Tesla adalah pesawat tak bersayap. Tesla membayangkan penerapan energi nirkabel dapat membantu sistem transportasi. Ia mengklaim bahwa pesawat tanpa sayap dapat membawa penumpang dari New York ke London tanpa awak dan sampai dalam waktu 3 jam. Ide Tesla tersebut akhirnya kita lihat dalam bentuk rudal.

Namanya tenggelam karena dianggap memiliki ide gila, namun nyatanya sekarang idenya tersebut diadopsi oleh penemu-penemu selanjutnya.

Kontributor: Laila

Berita Terkait

Baca Juga