Zaskia, Bocah Penderita Kelainan Wajah asal Agam Lakukan Operasi Tahap Kedua

Zaskia Bocah Penderita Kelainan Wajah asal Agam Lakukan Operasi Tahap Kedua Zaskia Anugrah Illahi (3) (Foto: Istimewa)

Covesia.com - Operasi rekonstruksi wajah tahap kedua Zaskia Anugrah Illahi (3), warga Jorong Taruyan, Nagari III Balai, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) rencananya akan dilakukan Kamis (18/7/2019) di RSCM Jakarta.

Walinagari III Balai, Jurniwati melalui Kaur Pemerintahan, Meri Costantia menjelaskan, Zaskia menderita kelainan pada konstruksi wajahnya. 

Ia memiliki konstruksi kepala yang berbeda, ada dua tonjolan besar mengapit hidungnya sehingga membuat  wajahnya berbeda dari anak-anak biasanya. 

Tidak hanya itu tonjolan besar tersebut membuat zaskia tidak memiliki biji mata.  juga memiliki 2 sumbing di rahang bagian atas hal itu membuatnya mengalami kesulitan untuk mengunyah dan menelan makanan. Serta pertumbuhan tangan kanannya sedikit lamban sehingga berukuran lebih kecil dan tidak berfungsi sempurna.

"Saat ini mereka sekeluarga sudah dalam perjalanan ke Padang dan rencananya besok terbang ke Jakarta," ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com, Rabu (17/7/2019).

Dijelaskan Meri, Putri pasangan Zamzami (31) dan Siska Amelia (28) beruntungnya biaya operasi zaskia ditanggung penuh oleh BPJS Kesehatan sementara itu untuk biaya keberangkatan dan penginapan keluarga selama di sana hasil sumbangan dari para dermawan.

"Alhamdullillah, untuk biaya operasi orang tua Zaskia sudah tidak khawatir lagi, menurut keterangan mereka, sumbangan untuk operasi tahap pertama kemarin masih ada sisa, ditambah lagi dengan bantuan tambahan dari perantau dan masyarakat dan dirasa sudah cukup," terangnya.

Sebelumnya diberitakan, Zaskia dilahirkan di RSUD Ahmad Muchtar, Bukittinggi, 3 tahun silam, melihat kondisinya berbeda, pihak rumah sakit menyarankan untuk dirujuk ke RSUP M Djasmil Padang, namun pihak rumah sakit yang dituju juga menyarankan kembali untuk di rujuk ke RS Cipto Mangkusumo Jakarta dengan alasan peralatan tidak memadai.

Sementara itu sang ayah yang berprofesi sebagai petani merasa kesulitan untuk biaya operasi anaknya, atas bantuan Pemerintah daerah dan Perantau zaskia bisa melaksanakan operasi tahap pertama, barulah tahun ini bisa dilanjutkan ke tahap dua.

Baca juga: Operasi Tahap Awal Zaskia Bocah asal Matur Berjalan Sukses

(han/don)

Berita Terkait

Baca Juga