Puskesmas Naras, Berikan Pembinaan dan Pelatihan Dokter Kecil Kepada 10 SD

Puskesmas Naras Berikan Pembinaan dan Pelatihan Dokter Kecil Kepada 10 SD Pelatihan dan pembinaan dokter kecil di Lantai II Aula Pertemuan Puskesmas Naras, Kota Pariaman Selasa (16/7/2019). (Foto: Peri/ Covesia)

Covesia.com - Dalam meningkatkan kesehatan anak didik dilingkungan sekolah, Puskesmas Naras, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman memberikan pembinaan dan pelatihan dokter kecil kepada 10 SD dari 10 desa yang ada di kecamatan tersebut.

Pelatihan tersebut diadakan di Lantai II Aula Pertemuan Puskesmas Naras, Kota Pariaman Selasa (16-07-2019).

Pengelola Program Kesling dan juga Pj UKM  (Unit Kesehatan Masyarakat) Puskesma Naras, Zulmi Dedek mengatakan, kegiatan ini dilakukan bertujuan agar anak-anak didik tersebut tahu dan mengerti arti dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Selain itu juga untuk menunjang program pemerintah yang tertuang dalam Undang-Undang Kesehatan No. 36 Tahun 2009 pasal 79, yaitu Kesehatan Sekolah diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat peserta didik dalam lingkungan hidup sehat sehingga peserta didik belajar, tumbuh, dan berkembang secara harmonis dan setinggi-tingginya menjadi sumber daya manusia yang berkualitas.

"Pendidikan kesehatan adalah salah satu hal yang paling penting diajarkan kepada anak-anak khususnya dilingkungan sekolah, karena kesehatan adalah salah satu penunjang suksesnya generasi penerus bangsa," ucap Zulmi, pada Selasa (16/7/2019).

Dikatakan Zulmi, dokter kecil ini diharapkan mampu menjadi contoh bagi teman-temannya untuk perubahan kesehatan anak kearah yang lebih baik lagi, dan diharapkan mereka juga bisa mempraktekkan perilaku hidup bersih dan sehat sejak usia mereka dari dini.

"Sekolah yang diundang dalam kegiatan tersebut diantaranya yaitu, SD Desa Padang Biriak-Biriak, SD Desa Naras Hilia, SD Desa Sintuak, SD Desa Sungai Rambai, SD Desa Naras I, SD Desa Balai Naras, SD Desa  Apar, dan SD Desa Ampalu," katanya.

Zulmi menyebutkan, mereka yang memberikan pelatihan dokter kecil tersebut, terdiri dari pemegang program UKS, Dokter Puskesmas, Petugas Gizi, dan Perawat yang bertugas di Puskesmas Naras Sendiri.

"Pembinaan ini kami lakukan setiap tahunnya dan kami berharap dengan adanya pembinaan dan penyuluhan ini nantinya mereka bisa mempraktekkan di lingkungan sekolah mereka masing-masing tentang bagaimana cara merawat gigi dengan baik dan benar, bagaimana cara memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan, dan lain-lainnya yang berhubungan dengan kesehatan," ungkap Zulmi.

Kontributor Pariaman: Peri Musliadi

(utr)

Berita Terkait

Baca Juga