Produksi Lele di Agam Meningkat, Pemda Agam Siap Berikan Pelatihan Produk Turunan

Produksi Lele di Agam Meningkat Pemda Agam Siap Berikan Pelatihan Produk Turunan Kepala Dinas Perikanan Dan Ketahanan Pangan, (DPKP) Agam, Ermanto

Covesia.com - Terkait keluhan masyarakat Tapian Tandih, Nagari Persiapan Salareh Aia Barat, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tentang pemasaran hasil budidaya lele. Pemda Agam siap berikan pelatihan produksi hasil turunan dari lele.

Kepala Dinas Perikanan Dan Ketahanan Pangan, (DPKP) Agam, Ermanto mengatakan, Program Gelora Palembayan yang dicanangkan oleh pemerintah tidak hanya sekedar produksi namun dilanjutkan dengan bagaimana bisa untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Kita mengapresiasi semangat masyarakat untuk menjadikan kecamatan palembayan sebagai sentral budidaya lele, dan kita siap memberikan pelatihan produksi produk turunan," ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com, Selasa (16/7/2019).

Dijelaskan Ermanto, berbagai kreasi dan kuliner yang memiliki nilai lebih bisa dikejar dari hasil panen lele, seperti lele asap, abon lele, kerupuk, peyek dan lainnya. 

"Lele asap Palembayan juga sudah dikenal masyarakat dan masih banyak produk yang bisa dihasilkan serta bisa memiliki nilai jual tinggi," tuturnya.

Selain itu produksi produk turunan juga bisa mempengaruhi harga jual lele dipasaran, jika hasil panen melimpah, para pedagang akan menurunkan harga belinya dari petani budidaya, kondisi itu tentunya bisa merugikan masyarakat yang membudidaya.

Pihaknya berharap dengan adanya pelatihan, masyarakat palembayan, bisa lebih bersemangat dalam melakukan budidaya setra memiliki keterampilan untuk membuat kreasi produk dari turunan hasil panen mereka. 

"Kita berharap Program Gelora Palembayan yang dicanangkan Bupati Agam, bisa memberikan dampak besar bagi kemajuan ekonomi masyarakat," harapnya.

(han)

Berita Terkait

Baca Juga