Abrasi Ancam Penyelesaian Masjid Megah di Pantai Padang

Abrasi Ancam Penyelesaian Masjid Megah di Pantai Padang Masjid Megah di Pantai Padang yang terancam terkena abrasi (Foto: Covesia/ M. Iqbal)

Covesia.com - Pagar penahan ombak di Masjid megah yang terletak di bibir Pantai Padang kini sebagian telah banyak yang rubuh. Jika dibiarkan, masjid yang belum rampung pembangunannya tersebut terancam gerusan ombak.

Berdasarkan pantauan Covesia.com, Sabtu (13/7/2019), pondasi dan pagar masjid yang baru bangun itu sebagian telah runtuh. Selain itu, pasir di bagian bawah pondasi telah terkikis ombak, masjid yang akan menjadi ikon destinasi bagi wisata terancam rusak diterjang ombak.

Juru Pakir di Pantai Padang, Indra (38) mengkhawatirkan Masjid yang terletak di Pantai Padang itu akan diterjal ombak. "Akhir-akhir ini ombak tinggi tiap sorenya, pernah saya lihat air onbak sampai ke tepi jalan," ucapnya, Sabtu (13/7/2019).

Indra menyampaikan, perlu ada penanganan oleh dinas terkait untuk menambah pondasi yang kuat agar bisa menahan terjangan ombak yanh tinggi. "Kemungkinan abrasi pantai akan menghambat pembangunan masjid putih itu," paparnya. 

Menanggapi hal itu, Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Padang, Herman Peri dalam keterangannya dikutip dari FB Humas Pemko Padang, mengatakan, solusinya harus ada penahan ombak berupa seawall atau ground T. 

Terkait pembangunan penahan ombak, Herman Peri menyebut akan berkoordinasi dengan Kementerian PUPR melalui Balai Wilayah Sungai (BWS).

“Kita coba berkoordinasi dan mengajukan pembangunan penahan ombak ke kementerian melalui BWS,” ujarnya.

Menurutnya, hal itu bukan saja karena mengancam bangunan masjid tetapi guna menghambat laju abrasi di sepanjang Pantai Padang. Sebab, Pantai Padang di sebelah utara, Muaro Lasak dan Pantai Cimpago juga sangat riskan digerus abrasi.

“Kita berharap, permintaan pembangunan itu (penahan ombak) bisa dikabulkan dan disegerakan tahun ini,” tukasnya.

Kontributor Padang: M. Iqbal

Berita Terkait

Baca Juga