Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Pemda Agam Kembangkan Gurami Masang

Tingkatkan Perekonomian Masyarakat Pemda Agam Kembangkan Gurami Masang Ilustrasi bibit ikan Gurami Masang (Covesia/ Johan)

Covesia.com - Tingkatkan ekonomi masyarakat, Pemerintah Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) kembangkan ikan Gurami Masang.

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Agam, Ermanto mengatakan, gurami masang adalah jenis ikan gurami yang biasa hidup di perairan Batang Masang, sungai yang melintasi di kecamatan Tanjung Mutiara, Palembayan dan IV Nagari.

"Ikan Gurami ini biasa hidup di Batang Masang, jadi untuk tahap awal ini kita mencoba mengembangkan di Kecamatan IV Nagari, Palembayan dan Kecamatan Tanjung Mutiara," ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com, Sabtu (13/7/2019).

Dijelaskan Ermanto, Ikan Gurami Masang ini memiliki banyak keunggulan, secara geografis Batang Masang merupakan sungai yang memiliki arus deras, sehingga membuat ikan memiliki daya tahan tinggi terhadap penyakit dan kondisi alam.

Tidak hanya memiliki keunggulan dalam daya tahan tinggi, Gurami juga memiliki nilai jual yang cukup tinggi, serta sangat diminati masyarakat maupun pengusaha kuliner. "Satu kilonya gurami masang dijual antara Rp40 Ribu-Rp50 ribu," terangnya.

Untuk pengembangan, saat ini sudah ada beberapa petani yang mengembangkan bibit, sehingga diperkirakan cukup untuk mencukupi kebutuhan bibit tahap awal ini. "Saat ini sudah ada 2 petani di kecamatan IV Nagari dan Lubuk Basung, dan sudah ada juga  sekitar 40 orang pembudidaya ikan gurami masang yang tersebar di tiga kecamatan," jelasnya.

(han/don)


Berita Terkait

Baca Juga