Ratusan Kilo Ganja Tak Bertuan Ditemukan di Limapuluh Kota

Ratusan Kilo Ganja Tak Bertuan Ditemukan di Limapuluh Kota Pihak kepolisian Polres Limapuluhkota saat melakukan penimbangan ratusan kilogram narkoba jenis Ganja tak bertuan yang ditemukan di daerah itu, Rabu kemarin (10/7/2019)(Foto: Istimewa)

Covesia.com - Masyarakat Di Jorong Buluh Kasok, Kenagarian Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota gempar dengan keberadaan Ganja dalam jumlah besar yang diletakkan di sebuah rumah kosong tengah ladang, Rabu (10/07/2019) siang. Ganja ini secara tidak sengaja ditemukan oleh pemilik rumah yang kebetulan datang bersama keluarganya untuk membersihkan ladang yang di sekitar rumah.

Informasi yang dihimpun Covesia.com, pemilik rumah yang hanya datang sekali-kali ke rumah untuk mengurus ladang ini merasa heran saat akan membuka kunci pintu rumah. Ia mendapati kunci rumah sudah berbeda dan tidak sesuai dengan miliknya. Merasa ada yang yang mengganti kunci, ia pun lantas mendobrak pintu. Disinilah awal penemuan. Pemilik rumah melihat ada 4 karung besar berwarna hitam yang mencurigakan.

Melihat ada yang janggal, sontak pemilik rumah memanggil Wali Jorong setempat untuk memeriksa bungkusan ini. Namun, diperjalanan Pemilik Rumah dan Wali Jorong bertemu dengan Babinsa TNI Kecamatan Harau, Serda Laapi. Lantas, mereka berdua pun mengajak anggota TNI ini mengecheck benda mencurigakan tersebut.

Saat diperiksa, ternyata isi bungkusan tersebut adalah ganja kering siap edar. Sontak pemilik rumah ketakutan ada barang haram dirumahnya dan memberitahu salah seorang saudaranya yang anggota Polri perihal penemuan ganja ini.

Atas penemuan ini, Pihak Kodim 0306/50 Kota dan Polres Limapuluh Kota langsung mendatangi lokasi untuk melakukan penyelidikan dan mencari siapa pemilik ganja ini. Namun karena di lokasi tidak memiliki arus listrik, akhirnya barang haram ini dibawa ke Mapolres Limapuluh Kota. Pasalnya, beberapa alat penyelidikan membutuhkan arus listrik untuk mengungkap pemilik ganja ini. Saat di Mapolres, empat karung ukuran besar ini dibuka. Terdapat 135 paket ukuran besar dengan berat 127,8 kilogram.

“Anggota Babinsa kami diajak oleh masyarakat untuk melakukan pengechekan barang yang mencurigakan di sebuah rumah yang biasa ditinggal pergi oleh pemiliknya. Saat dicheck, ternyata isinya ganja siap edar. Spontan kami langsung turun ke lokasi penemuan bersama Polres Limapuluh Kota,” ucap Dandim 0306/50 Kota, Letkol Kav. Solikhin S.Sos melalui Kasdim, HS. Pasaribu kepada awak media.

Di lokasi, pihak Kodim 0306/50 Kota dan Polres Limapuluh Kota langsung melakukan penyisiran dan penyelidikan di sekitar lokasi. Termasuk melakukan pengechekan sidik jari di barang bukti dan rumah ini. Namun karena alat untuk sidik jari ini memerlukan listrik, akhirnya barang bukti dibawa ke Polres Limapuluh Kota.

“Barang bukti kami bawa ke Polres Limapuluh Kota untuk penyelidikan lebih lanjut,” ucap Kapolres Limapuluh Kota, AKBP Haris Hadis melalui Kasat Narkoba Iptu Hendri Has.

Sampai berita ini diturunkan, petugas masih melakukan pengejaran kepada pemilik barang ini. 

(agg/don) 



Berita Terkait

Baca Juga