BPS Sumbar Sambut Baik Perpres Terkait Kebijakan Satu Data

BPS Sumbar Sambut Baik Perpres Terkait Kebijakan Satu Data Kantor BPS Sumbar (Foto: Muhammad Iqbal/covesia)

Covesia.com- Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Barat (Sumbar) menyambut baik Perpres No 39 Tahun 2019 mengenai Satu Data Indonesia (SDI). Kebijakan Satu Data merupakan tata kelola data pemerintah yang akurat, dapat dipertanggungjawabkan dan mudah diakses.

Menanggapi Perpres yang diterbitkan pada tanggal 17 Juni 2019 itu, Kasi Desiminasi dan Layanan Statik BPS Sumbar, Lidya mengatakan, SDI akan mempermudah untuk menyatukan data pada sebuah portal yang nantinya akan menjadi satu sumber.

"Ini akan mempermudah pemerintah di Sumbar menerima data," paparnya saat ditemui di Kantor BPS Sumbar, Padang, Rabu (10/7/2019).

Lidya mengakui, masih banyak terdapat perbedaan data yang diterima oleh dinas yang ada di Sumbar dan masih banyak perbedaan data yang dikirim oleh instansi pemerintah ke masyarakat.

"Memang sering terjadi perbedaan data, Perpres satu data akan jadi patokan masyarakat dalam menerima informasi," ungkapnya.

Lanjut Lidya, data yang dihasilkan oleh produsen data di SDI telah memenuhi standar data dan kaedah interoperabilitas data yang mempunyai metadata. "Tentunya, yang dipublish oleh SDI adalah data yang telah memenuhi standar," ujarnya.

Lidya menambahkan, sebelum Perpres ini diterbitkan, pihaknya telah bersosialasi dengan dinas-dinas yang ada di Sumbar. Koordinasi telah dilakukan juga dengan Kominfo sebagai wali data di daerah.

"Sebelum diterbitkan kami telah melakukan sosialisasi," tuturnya. 

Kontributor: Muhammad Iqbal

Berita Terkait

Baca Juga