DPRD Kota Pariaman Ajukan 3 Raperda

DPRD Kota Pariaman Ajukan 3 Raperda Ilustrasi

Covesia.com - DPRD Kota Pariaman mengajukan tiga rancangan peraturan daerah inisiatif DPRD tahun 2019. Tiga raperda tersebut diajukan dalam rapat paripurna bersama Wali Kota Pariaman, di Kantor DPRD Kota Pariaman, pada Selasa (9/7/2019).

"Tiga rancangan peraturan daerah (raperda) inisiatif DPRD tahun 2019 yaitu, peningkatan ketahanan keluarga, penyelenggaraan kesejahterahan sosial dan kepemudaan," ucap Ketua DPRD Kota Pariaman, Faisal, Selasa.

Faisal menyebutkan, adapun yang menjadi latar belakang usulan DPRD untuk menjadikan tiga hal itu menjadi raperda, pertama peningkatan ketahanan keluarga. Karena persoalan di Kota Pariaman, peningkatan jumlah kasus perceraian dan kasus kekerasan terhadap anak dan perempuaan.

"Makanya peraturan daerah tentang peningkatan ketahanan keluarga ini merupakan sebuah upaya guna memberikan payung hukum bagi pengendalian penduduk dan keluarga berencana," ucapnya.

Lanjut Faisal, usulan kedua, penyelenggaraan kesejahteraan sosial. Hal ini karena tingginya jumlah penyandang masalah kesejahteraan sosial, seperti gangguan fungsional dalam kehidupan dan ekonomi.

Kemudian masih minimnya upaya peningkatan kesejahteraan sosial bagi lanjut usia. Pada hakikatnya merupakan pelestarian nilai-nilai keagamaan dan budaya bangsa. Untuk itu diperlukan kebijakan pembangunan yang berpihak fakir miskin secara terencana, terarah, dan berkelanjutan.

Kemudian kata Faisal, usulan ini, juga untuk efektifitas dan efisiensi program percepatan penanggulangaan kemiskinan yang masih lamban. Untuk mengatasi permasalahan sosial tersebut, Pemda Kota Pariaman perlu melakukan upaya - upaya yang kongkrit dalam melaksanakan penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

Dikatakan Faisal, rancang perda kepemudaan ini, sesuai dengan Kota Pariaman yang memiliki visi Pariaman Kota wisata, perdagangan, jasa yang religius dan berbudaya. Untuk mewujudkan visi tersebut perlu dibutuhkan peranan pemuda, dimana pemuda merupakan generasi penerus sebuah bangsa, kader bangsa, kader masyarakat dan kader keluarga.

"Pemerintah daerah perlu untuk melakukan upaya yang bermanfaat bagi perkembangan wawasan pemuda. Perlu melakukan bimbingan, pembinaan terhadap organisasi kepemudaan pariaman yang berjumlah 47 organisasi dibawah naungan KNPI Kota Pariaman dengan jumlah anggotanya  lebih kurang 20.000 orang," ungkapnya.

Kontributor Pariaman: Peri Musliadi

(utr)

Berita Terkait

Baca Juga