Kota Pariaman Akan Jadikan Lansia Produktif

Kota Pariaman Akan Jadikan Lansia Produktif Walikota Pariaman Genius Umar (kiri) dan Ketua TP PKK Sumbar Nelvi Zuariana dalam menghadiri lomba lansia sehat, Selasa (9/7/2019)

Covesia.com - Kota Pariaman adakan lomba lansia sehat dan senam lansia, tingkat Propinsi Sumbar, pada Selasa (9/7/2019). Kegiatan ini dilakukan karena bertepatan dengan peringatan hari lanjut usia nasional ke-23.

"Selain itu kegiatan ini kami selenggarakan juga dalam rangka HUT Kota Pariaman ke-17," ucap Walikota Pariaman, Genius Umar dalam pembukaan acara, Selasa (9/7/2019).

Lanjut Genius, Kota Pariaman juga siap menjadi tuan rumah dalam peringatan hari lanjut usia nasional ke-24, pada tahun 2020 mendatang. 

Menurut Genius, pemerintah selalu memperhatikan masyarakatnya sejak sebelum lahir ke dunia, hingga meninggal dunia. Makanya khusus untuk kelompok lanjut usia, tetap dibuatkan kegiatan yang menyenangkan sehingga mereka merasakan bahagia. 

"Bagaimana lansia tersebut bisa juga produktif, tidak menjadi beban semata bagi keluarganya. Seperti halnya perajin sulam, bisa menghasilkan uang. Hanya saja bagaimana hasil sulamannya lebih bernilai ekonomi lagi. Untuk itu pemerintah harus memperhatikan hal tersebut," ungkap Genius.

Kata Genius, saat ini ada sekitar 13.000 orang lansia yang di Kota Pariaman. Mereka bisa beraktifitas di rumah lansia yang terletak di rumah Tabuik Pasa Pariaman. Di sini lansia tersebut bisa beraktifitas seperti berolahraga, memeriksa kesehatan gratis, senam, dan kegiatan lainnya.

Dalam acara tersebut turut hadir Ketua TP PKK Sumbar, Nevi Zuariana yang juga istri Gubenur Sumbar, dan pejabat pemeritah Kota Pariaman lainnya.

Sementara itu, Ny. Nevi Zuariana memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Pariaman, yang peduli terhadap para lansia, dan ia sangat mendukung kegitan tersebut.

"Saya apresiasi penanganan lansia di Kota Pariaman. Mereka yang menyediakan rumah lansia. Ini yang terbaik di Sumbar, nanti saya akan sarankan juga ke kabupaten/kota lain yang ada di Sumbar, untuk bisa belajar ke Pariaman, dalam pelayanan terhadap lansia," sebut Nevi.

Reporter Pariaman: Peri Musliadi

Baca juga: Pemko Pariaman Beri Pelatihan Pengembangan Usaha kepada Ratusan Pelaku UMKM

Berita Terkait

Baca Juga