45 ASN Pasaman Bertarung dalam Perebutan Kursi Eselon II

45 ASN Pasaman Bertarung dalam Perebutan Kursi Eselon II Suasana tes seleksi jabatan Eselon II.b di ruang BKPSDM Pasaman, Senin (8/7/2019).

Covesia.com - Sebanyak 45 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Pasaman, Sumbar tampil bertarung dalam perebutan kursi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kepala SKPD atau Eselon II.b.

Ketua Pansel, Mara Ondak mengatakan seluruh peserta yang mengikuti seleksi itu merupakan murni yang berasal seluruh ASN dengan berbagai jabatan untuk mengisi 11 Jabatan Eselon II.b yang saat ini tengah mengalami kekosongan.

"Seleksi ini dimulai pendafaran sejak 21 Juni hingga diumumkan pada 5 Juli 2019 kemaren. Kemudian dilanjutkan Tes Manajerial dengan sistem CAT pada 6 Juli 2019 kemaren. Sementara hari ini sudah dilaksanakan tes kompetensi bidang secara tertulis di Aula BKPSDM Pasaman," terang Mara Ondak, Selasa (9/7/2019).

Menurut Mara Ondak, pihaknya menargetkan proses seleksi jabatan Eslon II.b ini rampung dan disampaikan ke KASN di Jakarta pada 16 Juli Mendatang.

"Sebab, besok tahapannya dilanjutkan dengan penulisan makalah, presentasi, dan wawancara. Kemudian penelurusan rekam jejak hingga 12 Juli 2019 ini. Selanjutnya hasil seleksi ini kami umumkan 15 Juli 2019, sebelum kemudian kami ajukan ke KASN. Mudah-mudahan tidak ada kendala yang berarti, sehingga tahapan seleksi ini berjalan dengan baik,"harap Mara Ondak.

Mara Ondak mengaku sangat profesional dalam pelaksaan seleksi pengisian jabatan Eselon II.b tersebut.

"Sangat profesional. Kita juga melibatkan sejumlah tim seleksi yang kita anghap mumpuni dan berpengalaman dalam menyeleksi pejabat Eselon II ini. Diantaranya untuk tes Kompetensi langsung di uji oleh Tim Asessor dari Yayasan Konseling Keluarga Indonesia (YKK-IND) Padang yang dipimpin oleh DR. Yeni Karneli, M.Pd bersama rekan kerjanya Drs. Iskandar M.Pd, Drs. Zulkarnaini, Arif Hakim Iskandar. M.Pd. Kons, Wira Fitria Abnur. M.Pd," katanya.

Pihaknya berharap nantinya lewat seleksi tersebut dapat melahirkan kepala SKPD yang mumpuni dan profesional. Sehingga dapat membawa kemajuan di sistem Pemerintahan Daerah Pasaman kedepannya.

Dari 45 peserta yang mengikuti seleksi jabatan Eselon II.b ini terdiri dari 37 orang laki-laki dan 8 orang perempuan.

Sementara jabatan SKPD yang dilakukan seleksi saat ini tengah mengalami kekosongan yaitu Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Asisten Adm. Umum, Kepala Dinas Perikanan, Pertanian, Perhubungan, Disporapar, Kesehatan, Pendidikan dan Kebudayaan, PU dan Tata Ruang, Bakeuda, dan Kepala Bappeda.

(eri)

Baca juga: Pemkab Pasaman Alokasikan Dana Rp485 Juta untuk Pelantikan Anggota DPRD

Berita Terkait

Baca Juga