Ombilin Sawahlunto Masuk Warisan Dunia, Irwan: ini Hasil Kerja Keras Kita

Ombilin Sawahlunto Masuk Warisan Dunia Irwan ini Hasil Kerja Keras Kita Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. Foto: M Iqbal

Covesia.com - Bekas tambang batubara, Ombilin Kota Sawahlunto, Sumbar, resmi masuk daftar Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO dalam gelaran Sesi Ke-43 Pertemuan Komite Warisan Dunia, Sabtu (6/7/2019), di Kota Baku, Azerbaijan. Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno bersyukur atas capaian itu. 

Irwan Prayitno mengapresiasi semua pihak telah menyukseskan kota Sawahlunto sebagai situs warisan dunia.

"Ini hasil kerja keras kita semua terutama bagi warga Sawahlunto, pemerintah dan dinas terkait," ucapnya saat konferensi pers di Kegubernuran Sumbar, Padang, Senin (8/7/2019). 

Irwan mengatakan, perjuangan menjadikan kota Sawahlunto sebagai warisan dunia telah dimulai sejak tahun 2015. Hanya saja, pada saat itu Sawahlunto dimasukkan ke daftar sementara warisan dunia.

"Pendaftaran membutuhkan para ahli untuk mengumpulkan data," ujarnya.

Irwan menyebutkan, pihaknya akan menjadikan kota Sawahlunto sebagai destinasi yang akan dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing.

"Tentunya ini akan menambah destinasi wisata baru bagi Sumbar," paparnya. 

Sebelumnya, kata Irwan, Indonesia telah memiliki warisan budaya dunia yaitu Candi Borobudur, Candi Prambanan, sistem Subak Bali hingga situs prasejarah Sangiran.

"Semoga warisan dunia di Sawahlunto akan mendongkrak perekonomian warga," harapnya.

Tambang Batubara Ombilin di Kota Sawahlunto, Sumatera Barat memiliki jarak 95 kilometer dari Kota Padang. Di wilayah tersebut, terdapat sisa-sisa pertambangan batubara sejak zaman kolonial Belanda.

Kontributor: Muhammad Iqbal

Berita Terkait

Baca Juga