Ini Dia Mahatma Muhammad, Seorang Seniman Sumbar yang Lulus Ikut Seniman Mengajar 2019

Ini Dia Mahatma Muhammad Seorang Seniman Sumbar yang Lulus Ikut Seniman Mengajar 2019 Mahatma Muhammad

Covesia.com - Mahatma Muhammad merupakan seorang penulis, seniman, pendiri Teater Komunitas Seni Nan Tumpah yang berhasil lulus menjadi salah satu peserta seniman mengajar 2019 yang diadakan oleh Direktorat Jendral Kebudayaan Kemendikbud RI pada 23 Juli-5 September 2019.

Baca juga: Kemendikbud RI Kembali Gelar Kegiatan Seniman Mengajar 2019

Mahatma berhasil melalui tahap seleksi mulai dari administrasi, seleksi proposal dan wawancara. Tahap pendaftaran dimulai 22 April-31 Mei dan berhasil diterima sebanyak 513 pendaftar.

Penyeleksian administrasi berlangsung dari 1-3 Juni 2019. Dihasilkan 417 peserta yang lolos tahap ini. Selanjutnya diteruskan pada tahap proposal dan hanya 89 peserta yang lulus.

Di tahap akhir, yakninya seleksi wawancara pada Kamis (27/6/2019) tim seleksi memutuskan hanya 50 peserta yang berhak mengikuti kegiatan Seniman Mengajar.

Mahatma mengatakan bahwa kegiatan seniman mengajar ini merupakan ke-3 kalinya yang diadakan Kemendikbud sejak 2017 lalu.  “Tahun lalu saya lulus dan ikut berpartisipasi mengajar di Lembata Nusa Tenggara Timur,” ungkapnya saat dihubungi oleh Covesia.com Selasa (2/7/2019).

Banda Neira menjadi tempat yang dipilih oleh Mahatma untuk kegiatan seniman mengajar tahun ini. Alasannya karena Banda Neira memiliki banyak narasi sejarah, seperti perdagangan rempah-rempah yang sudah berlangsung semenjak abad ke-12, peristiwa pembantaian massal dan kejadian sejarah lainnya. 

Kontributor: Laila Marni

Berita Terkait

Baca Juga