Lokasi Kebakaran Tak Bisa Dilalui Kendaraan, Pemadaman di Pabrik Saka Canduang Agam Dilakukan Manual

Lokasi Kebakaran Tak Bisa Dilalui Kendaraan Pemadaman di Pabrik Saka Canduang Agam Dilakukan Manual Foto istimewa

Covesia.com - Satu buah rumah penggiling tebu di Dusun Aia Dingin, Jorong Pasanehan, Nagari Lasi, kecamatan Canduang, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) hangus dilalap Sijago merah, Rabu (26/6/2019) sekitar pukul 20.30 WIB.

Kabid Damkar,  Satpol PP Damkar Agam, Maswar mengatakan, saat pertama kali diketahui warga, api sudah berkobar hebat di pabrik pembuatan gula merah (Saka) milik Zainir (58) yang terletak jauh dari pemukiman.

"Melihat peristiwa itu masyarakat langsung memberitahukan pemerintah nagari sambil melakukan pemadaman secara manual," ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com.

Mendapat informasi adanya kebakaran, Unit Damkar dari posko Sungai Tanang dan Biaro langsung meluncur ke lokasi, akan tetapi pemadaman menggunakan armada tidak bisa dilakukan hal itu dikarenakan lokasi kebakaran tidak bisa dilalui kendaraan.

"Lokasi kebakaran terletak di tengah dekat kebun jadi sulit dijangkau, terpaksa personil juga ikut melakukan pemadaman secara manual," lanjutnya.

Dibantu pemerintah nagari, kecamatan, Polisi dan TNI, api berhasil padamkan 1 jam kemudian.

"Untuk penyebab kebakaran saat ini masih dalam penyelidikan sementara itu kerugian materil ditaksir mencapai Rp 40 juta," tutupnya.

(han)

Berita Terkait

Baca Juga