Anggota DPRD Sebut Kegagalan Pessel di MTQ Disebabkan Seleksi Asal-asalan

Anggota DPRD Sebut Kegagalan Pessel di MTQ Disebabkan Seleksi Asalasalan Marwan Anas Ketua Komisi IV DPRD Pessel. (Istimewa)

Covesia.com - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Pesisir Selatan Marwan Anas menyebut, kegagalan daerah tersebut pada MTQ-38 di Kota Solok diakibatkan proses penyeleksian khafilah yang asal-asalan. Pessel di MTQ-38  berada di posisi 12 dari 19 kabupaten kota di Sumbar, yang sebelumnya berada posisi ke 6. 

Marwan menilai, banyak kafilah daerah yang seharusnya layak, tapi tidak diikut sertakan. Seperti khafilah yang juara MTQ tingkat kabupaten.

"Padahal di Kecamatan Lengayang dan Bayang banyak. Tapi mereka tidak dibawa," ungkapnya pada Covesia.com Senin (24/6/2019)

Menurutnya, selain dari proses seleksi yang dilakukan oleh Pemda, ia mengakui tidak adanya sinergi antara pemerintah kabupaten dan Kanwil Kemenag Pessel.

"Kita melihat senerginya sangat minim. Seharusnya pemerintah daerah memperkuat sinergi dengan Kemenag soal keagamaan," ujarnya 

Terkait dengan apakah Komisi IV bakal memanggil Bagian Kesra atau tidak, dirinya mengaku bakal mengoordinasikannya pada ketua dewan.

"Soal itu, nanti kita konfirmasi dulu pada Ketua DPRD," tutupnya.

Kontributor Pessel: Indrayen

Baca juga: MTQ ke-38, Pessel di Posisi 12 dari 19 Kabupaten Kota di Sumbar

Berita Terkait

Baca Juga