Hari Pertama PPDB di Bukittinggi, Orangtua Murid Banjiri Lokasi Pendaftaran

Hari Pertama PPDB di Bukittinggi Orangtua Murid Banjiri Lokasi Pendaftaran Para orangtua saat melakukan pendaftaran PPDB di Bukittinggi, Senin (17/6/2019)(Foto: Debi/Covesia)

Covesia.com - Hari pertama penerimaan peserta didik baru (PPDB), Senin (17/6/2019) untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) membludak.

Pantauan Covesia.com di lapangan, sejak pagi orangtua murid telah membanjiri lokasi penerimaan PPBD di SMP 7 Parit Antang, Tigo Baleh Bukittinggi.

Zulfia, Ketua Panitia PPDB Bukittinggi mengatakan belum dibuka pendaftaran, orangtua murid sudah antri sejak pagi untuk mengambil formulir pendaftaran.

"Hari pertama dibukanya PPDB orangtua murid sejak pagi telah membanjiri lokasi pendaftaran untuk mengambil formulir pendaftaran," ujarnya.

Ia menjelaskan orangtua murid wajib mengisi formulir terlebih dahulu sebelum memberikan berkas kelengkapan pendaftaran yang meliputi, foto kopi SKHU (Surat Keterangan Hasil Ujian) yang telah dilegalisir sekolah, foto kopi KK dan KTP orangtua yang telah dilegalisir dari kelurahan dan pas poto.

Adapun pendaftaran PPDB 2019/2020, yang dilakukan pada hari ini merupakan sistem zonasi yakni dengan mengutamakan lokasi penerimaan sekolah terdekat dengan tempat tinggal dengan kuota penerima murid 90 persen. Dimana pendaftaran dibuka dari tanggal 17 hingga tanggal 19 Juni 2019.

Sementara untuk jalur prestasi kuota dibuka sebanyak 5 persen dan jalur pemenuhan kuota sebanyak 5 persen. Dimana jika kuota penerimaan belum terpenuhi maka dibuka jalur ini.

"Untuk PPDB hari ini diperkirakan berkas yang masuk telah mencapai 50 persen dari jumlah siswa SD yang lulus yakni 2264 siswa," katanya.

(deb)

Berita Terkait

Baca Juga