Pantai Muaro Lasak Abrasi Sepanjang 300 Meter

Pantai Muaro Lasak Abrasi Sepanjang 300 Meter Abrasi Pantai Muaro Lasak sepanjang 300 meter. Foto: Dok.Covesia

Covesia.com - Pantai Muaro lasak dihantam abrasi sepanjang 300 meter. Hal tersebut dipicu karena Gelombang tinggi yang terjadi beberapa hari terakhir.

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan Covesia.com, kawasan pantai yang terkena abrasi membuat pohon-pohon di pinggir pantai tumbang dan tempat yang biasa dipakai pedagang untuk berjualan semakin menyempit ke darat.

Salah seorang warga mengatakan baru kali ini terjadi abrasi yang lumayan berdampak. Penyebabnya masih ada oknum yang memanfaatkan situasi di pantai ini hingga lebih tengah malam. Juga tidak adanya pengamanan di malam hari.

Afdal, ketua RT Muaro Lasak membantah hal tersebut. “Abrasi ini terjadi karena pasang naik, purnama, ombak besar. Ini fenomena alam,” ungkap Afdal saat ditemui di Pantai Muaro Lasak, Senin (17/6/2019).

Lebih lanjut Afdal mengatakan bahwa alam memang tidak bersahabat dengan maksiat. “Namun, bila hal tersebut terlepas dari pengawasan kami, semoga masyarakat atau pengunjung lebih menjaga lagi tempat pariwisata ini, harapnya.

Selanjutnya Afdal mengatakan bahwa untuk antisipasi abrasi, kita hanya bisa menghadang dengan karung-karung berisi pasir. Tak ada kerugian, hanya saja dahulu tempatnya luas untuk duduk, namun sekarang karena terjadi abrasi dikurangi jumlah kursi oleh pedagang.

Afdal berharap pada pihak terkait adanya penambahan batu grib untuk menahan abrasi.

“Dulu kami pernah memohon pada dinas terkait untuk tidak membangun seawall karena sulit untuk mengangkat kapal nelayan, namun resikonya seperti sekarang,” ungkap Afdal.

Kontributor: Laila Marni

Berita Terkait

Baca Juga