Usai Lebaran Harga Cabe di Agam Turun

Usai Lebaran Harga Cabe di Agam Turun Ilustrasi pedagang cabai di Pasar Raya Padang (Foto: Covesia/ Primadoni)

Covesia.com - Usai libur Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriyah, Harga cabai merah mengalami penurunan di pasar tradisional Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat, Jumat (14/6/2019).

Salah seorang Pedagang di Pasar Impres Padang Baru, Kecamatan Lubuk Basung, Momon (45) mengatakan, turunnya harga Cabe merah terjadi pada pekan ini dari harga Rp 65  ribu menjadi Rp 45 ribu/ kilo gram.

"Harga turun Rp 20 ribu usai lebaran ini namun sepekan sebelum lebaran harga jual cabe sempat menginjak harga Rp 10p ribu," ujarnya saat di konfirmasi covesia.com.

Menurutnya, turunnya harga jual cabe dipengaruhi oleh stock cabe oleh tengkulak mencukupi permintaan pasar dari sebelumnya meningkat menjelang lebaran. Jika stock cabe tidak mencukupi kebutuhan pasar Tengkulak akan menaikan harga jual cabe ke pedagang.

Hal senada juga diungkapkan Nita (41) pedagang sayur dan rempah di Terminal Sriantokan Kecamatan Lubuk Basung, menurutnya, hasil panen cabe petani juga berpengaruh terhadap harga jual di pasar.

"Sebelum lebaran, hasil panen cabe petani agak berkurang akibat kondisi curah hujan cukup tinggi sementara itu lebaran permintaan meningkat, tentunya harga beli tengkulak dari petani tinggi," terangnya.

Diprediksinya kedepannya harga jual cabe di pasaran diprediksi akan stabil dan tidak mengalami perubahan yang signifikan. "Jelang Idul Adha nantinya kita prediksi harga cabe akan stabil itu melihat pengalaman setiap tahunnya," tutup Nita.

(jhn)

Berita Terkait

Baca Juga