70 Nelayan Kurang Mampu di Pessel Terima Bantuan Rumah dari Pemerintah

70 Nelayan Kurang Mampu di Pessel Terima Bantuan Rumah dari Pemerintah Bupati Pessel, Hendrajoni menyerahkan bantuan rumah nelayan di Kecamatan Batangkapas, Pessel, Kamis (13/6). (Indrayen/ Covesia.com)

Covesia.com- Sebanyak 70 kepala keluarga nelayan kurang mampu di Kenagarian Koto Nan Tigo, Kecamatan Batangkapas, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat (Sumbar) terima bantuan rumah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kamis (13/6/2019).

Bantuan tersebut resmi diterima oleh keluarga nelayan kurang mampu yang diserahkan langsung oleh Bupati Pessel Hendrajoni di dampingi langsung oleh pihak Balai Menteri PUPR Provinsi, Dinas terkait, Camat dan Walinagari setempat.

"Karena sebanyak 70 unit rumah nelayan yang bangun melalui bantuan dari pemerintah pusat yaitu Menteri PUPR telah selesai dan sudah bisa di tempati. Maka dengan itu hari ini resmi kita serahkan pada nelayan yang kurang mampu," kata Hendrajoni kepada Covesia.com usai menyerahkan kunci rumah bantuan nelayan pada masyarakat yang menerima bantuan.

Ia menjelaskan, besar anggaran 70 unit rumah bantuan tersebut berkisar Rp. 4.995.983.000. Dana tersebut berasal dari pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR.

"70 unit rumah tersebut dikerjakan semenjak tahun 2018 lalu dan semua rumah telah selesai dibangun dan sudah bisa ditempati oleh para penerima bantuan," ujar Bupati

Ia menambahkan, 70 orang kepala keluarga yang menerima bantuan itu merupakan keluarga nelayan yang kurang mampu. 

Artinya, kata dia, yang berhak menerima bantuan pada hari ini adalah memang keluarga dari nelayan yang tidak mampu untuk membangun rumah dan tidak memiliki rumah. 

"Kita lebih memprioritaskan keluarga nelayan yang benar- benar tidak mampu. Itu telah didata langsung oleh pemerintah nagari setempat. Dan peruntukkan bantuan ini juga kita prioritaskan bagi warga kita yang terdampak abrasi pantai," terang dia.

Dengan bantuan ini, ia berharap bisa sedikit mengurangi beban para nelayan yang kurang mampu di daerah tersebut, khususnya nelayan di Kecamatan Batangkapas.

"Rumah yang kita serahkan hari ini semuanya telah lengkap diantaranya, memiliki 2 kamar, ruang tamu, kamar mandi yang dilengkapi dengan WC, listrik dan juga air bersih. Pokoknya tinggal ditempati saja lagi,"ucapnya

Ia menjelaskan, setelah ini Pemkab Pessel juga akan membangun pasar mini, tempat ibadah dan pengerasan jalan menunju perumahan warga tersebut.

"Sebagai tambahannya tahun besok kita akan bangunkan pasar mini di sekitar perumahan nelayan ini dan juga mushalla, jalan serta lampu penerangan," kata dia.

Kontributor Pessel: Indra Yen


Berita Terkait

Baca Juga