KPU Sumbar Terima Sembilan Gugatan Parpol di MK

KPU Sumbar Terima Sembilan Gugatan Parpol di MK Ilustrasi (Doc.Covesia)

Covesia.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat (Sumbar) menerima sembilan  gugatan hasil Pemilu 2019 di Mahkamah Konsitusi (MK). Gugatan tersebut diantaranya DPR RI, DPRD Provinsi serta DPRD Kabupaten dan Kota. 

Anggota KPU Sumbar Izwaryani merincikan, untuk tingkat DPR RI terdapat Partai Berkarya di Dapil Sumbar 2, PDIP di Dapil Sumbar 1, dan Golkar yang tidak jelas Lokusnya (lokasi khusus), kemudian untuk DPRD Provinsi yaitu PPP. 

"Rincian tersebut ada empat Parpol yang mengajukan, selebihnya ada lima permohonan yang tersebar kabupaten kota di Sumbar," papar Izwaryani saat dihubungi covesia.com, Kamis (13/06/2019).

Izwaryani menambahkan, lima diantara DPRD Kabupaten dan Kota adalah dari PAN untuk Pesisir Selatan di Dapil 2, Demokrat untuk Sijunjung di Dapil 3, PAN untuk Agam di Dapil 4, Nasdem untuk Padang di Dapil 3, dan Berkarya yang tidak jelas lokusnya

Lanjut Izwarny, penyebab dari Parpol yang mengajukan gugatan ke MK di KPU Sumbar karena hasil perolehan suara yang mereka tetapkan tidak sama dengan hasil rekapitulasi dari KPU Sumbar.

"Mereka menganggap suaranya lebih banyak dari hasil rekapitulasi KPU," papar Izwaryani.

Izwaryani mengaku dirinya dan KPU Sumbar telah menyiapkan data dan jawaban untuk persidangan, karena dalam perjalanan rekapitulasi saksi Parpol yang mengajukan gugatan tidak menyampaikan keberatan tentang mereka dalilkan.

"Kami telah siapkan segala data saat sidang nanti," terangnya.

Proses persidangan Parpol, kata Izwaryani akan dicatat dalam Buku Registrasi Perkara Konsitusi (BRPK) pada 1 Juli mendatang, setelah itu MK akan menetapkan pelaksanaan sidang.

"Selesai rekapitulasi dari ini semua akan rampung dalam satu bulan kedepan," katanya.

Izwaryani mengharapkan, mereka yang mengajukan tidak sesuai fakta agar permohonannya tidak diterima di MK.

"Yang berhak, mudah-mudahan diberikan amanat," harapnya.

Kontributor Padang: Muhammad Iqbal

Berita Terkait

Baca Juga