Bupati Agam Imbau Perantau Bekerja Sama Bangun Nagari

Bupati Agam Imbau Perantau Bekerja Sama Bangun Nagari Bupati Agam Saat Menyambut Perantau Di Nagari Salo Kecamatan Baso

Covesia.com - Pemerintah Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mengimbau para perantau untuk bekerja sama demi memajukan nagari.

Bupati Agam, Indra Catri saat temu ramah dengan para perantau mengatakan perantau Manggopoh, Minggu (9/6/2019) mengatakan saat ini keinginan bersama-sama memajukan nagari sudah terlihat di kabupaten Agam.

"Banyak contoh sudah dilakukan dan diperlihatkan, seperti anak Nagari Manggopoh dalam membangun nagari, baik berupa pembangunan fisik maupun mental, semangat itu juga sudah diperlihatkan nagari-nagari lainnya," ujar Indra Catri saat memberikan sambutan.

Dijelaskannya untuk mencapai keterikatan yang kuat itu dibutuhkan adanya tokoh-tokoh yang mempersatukan serta adanya kegiatan-kegiatan yang bisa perekat rasa kebersamaan antara perantau dan kampung halaman.

“Di Nagari Salo ada kiat mengaitkan tradisi pulang basamo dengan kegiatan MTQ dan Khatam Al-Qur’an yang separo pesertanya adalah anak kamanakan dari rantau, ada juga Nagari Koto Gadang yang menyediakan sarana infrastruktur untuk menjaga para perantau bisa  betah di kampung halaman seperri membuat tempat bermain untuk anak kamanakan, taman bunga dan taman buah," lanjutnya.

Dilanjutkan Bupati Agam, lain halnya dengan Magek saondoh, di Nagari Magek walau tidak setiap tahun, namun fokus dengan pembinaan intelektual dan sosial kemasyarakatan anak kemenakan di kampung halaman.

"Berkaca dari beberapa nagari di atas, kita memiliki harapan bahwa kelak nagari-nagari di Agam bisa semakin berkembang dan akan terjalin kerjasama yang solid antara perantau, anak nagari dan pemerintah," tutupnya.

(han)

Berita Terkait

Baca Juga