Sidak Pascacuti Lebaran di Mentawai, Ada ASN Tidak Hadir Tanpa Keterangan

Sidak Pascacuti Lebaran di Mentawai Ada ASN Tidak Hadir Tanpa Keterangan Sidak ASN di Pemkab Mentawai. Foto: Kornelia Septin Rahayu

Covesia. com - Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Martinus Dahlan melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah OPD pada hari pertama kerja pasca libur lebaran Idul Fitri 1440 H. Dalam sidak tersebut ditemukan sejumlah ASN yang tidak masuk kerja tanpa keterangan. 

"Kita melakukan sidak ini sesuai instruksi dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) RI kepada seluruh kabupaten kota di Indonesia untuk melakukan sidak bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tidak masuk kerja dihari pertama pasca libur lebaran Idul Fitri," ujar Martinus, Senin (10/06). 

Ia menjelaskan seluruh bahwa hari ini sesuai surat edaran Kemenpan RB, seluruh ASN sudah masuk kerja seperti biasa. 

"ASN  yang tidak masuk kerja terhitung mulai hari ini, akan dikenakan sanksi baik kategori ringan, sedang dan kategori berat, seperti penurunan pangkat, penurunan golongan, tidak dibayarkan tundanya, hingga pemecatan sesuai aturan," imbuhnya. 

Ia menambahkan bahwa laporan sidak hari ini akan disampaikan kepada Kemenpan RB melalui aplikasi online  pada pukul 15.00 Wib. 

"Sanksinya akan kita laporkan pada 10 Juli bagi yang melanggar disiplin pegawai sesuai PP 53 tahun 2010 pasal 3," ujarnya. 

Selanjutnya, Kata Martinus, sidak dilaksanakan hingga ke desa Sioban kecamatan Sipora selatan. 

Dalam sidak tersebut pihaknya langsung mengabsen  ASN di setiap OPD untuk membuktikan langsung yang bersangkutan hadir secara fisik. 

Meski demikian, Martinus mengatakan, memberikan toleransi bagi ASN yang berada di pulau lainnya di Mentawai. 

"Bagi ASN yang berlibur di pulau kita berikan toleransi karena mereka masih dalam perjalanan kapal antar pulau yang baru berangkat kemarin," terangnya. 

Namun, bagi ASN yang mudik dari Padang, menurutnya tidak ada alasan untuk tidak bisa hadir masuk kerja hari ini. 

"Kalau dari Padang transportasi sudah memadai,  ada kapal Perintis,ASDP, dan Mentawai Fast," tutupnya. 

Kontributor Mentawai: Kornelia Septin Rahayu

Berita Terkait

Baca Juga