Banjir Lumpur Kembali Menerjang Masjid Istighfar Galapuang Agam

Banjir Lumpur Kembali Menerjang Masjid Istighfar Galapuang Agam Banjir Lumpur Kembali Menerjang Masjid Istighfar Galapuang Agam, Minggu (9/6/2019)(Foto: Ist)

Covesia.com - Masjid Istighfar Galapuang, di Jorong Galapuang, Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) kembali digenangi lumpur, Minggu (9/6/2019).

Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam M Luthfi AR didampingi Kabid KL Wahyu Bestari mengatakan, lumpur bermuatan Batu dan kayu kembali meluap dari dalam parit yang berada di sekitar lokasi, hal itu seiring dengan curah hujan tinggi yang terjadi semenjak siang.

"Tadi hujan dan parit tidak mampu menampung air yang membawa material tanah dan kayu, sehingga pukul 14.30 Wib lumpur meluap ke jalan hingga ke halaman dan teras mesjid dengan ketinggian mencapai 20 Cm," ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com.

Saat ini Tim BPBD, Satpol PP Damkar, pemerintah kecamatan dan nagari sedang  melakukan pembersihan sementara itu menjelang magrib curah hujan masih mengguyur disekitar lokasi.

Sementara itu Camat Tanjung Raya Handria Asmi mengatakan pihaknya bersama instansi terkait akan segera melakukan penanggulangan yaitunya dengan melakukan pembersihan badan parit sehingga debit air kembali tertampung dan tidak meluap. "Bersama pemerintah nagari, instansi terkait dan masyarakat kita akan melakukan penanggulangan dengan membersihkan parit untuk mengatasi  luapan air,"  jelasnya.

Sebelumnya pada hari Rabu  5 Juni 2019 kemarin, lumpur juga sudah pernah menutupi badan jalan dan melimpah hingga ke halaman dan teras mesjid. Pihaknya sudah melakukan pembersihan serta menghimbau masyarakat yang berada disekitar aliran parit untuk berhati-hati untuk mengantisipasi terjadinya bancana karena curah hujan di prediksi masih terjadi untuk beberapa hari kedepan.

(han/don)

Berita Terkait

Baca Juga