Tim Gabungan Amankan Pelaku Pungli di Mandeh

Tim Gabungan Amankan Pelaku Pungli di Mandeh Foto: Istimewa

Covesia.com - Tim gabungan yang terdiri dari Satuan Polisi Pamong Praja dan pemadam kebakaran (Satpol PP dan Damkar) dan Polres Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) menangkap warga Carocok Tarusan dengan inisial "DN" (40 th) yang diduga melakukan pungutan liar di objek wisata Kawasan Terpadu Mandeh Kecamatan Koto XI Tarusan. Sabtu (8/6/2019)

Menurut Kasat Pol PP dan Damkar Dailipal, S.Sos, M.Si, Tim gabungan menangkap pelaku dengan inisial DN (40 th) di Kelok Indah Mandeh Sabtu sore.

Menurut informasi, penangkapan dilakukan berdasarkan laporan masyarakat kepada Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, bahwa ada oknum yang melakukan pungutan liar kepada pengunjung yang hendak selfie di Kawasan Mandeh.

Mendapat laporan tersebut bupati langsung memerintah Kasat Pol PP dan Damkar Dailipal,  untuk  berkoordinasi dengan pihak Polres Pessel  dan melakukan penindakan.

Tidak lama kemudian tim yang dipimpin oleh Kasat Pol PP dan Damkar, Dailipal, bersama Kabag Ops Polres Kompol Mirza Herwanto, Kasat Sabhara AKP Khairil Meldian langsung bergerak ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan melakukan penangkapan terhadap pelaku dengan inisial DN.

"Setelah ditangkap yang bersangkutan diamankan dan kemudian dilakukan pembinaan," kata Dailipal.

Setelah dilakukan pembinaan, kepada petugas pelaku berjanji tidak mengulangi perbuatannya lagi. Dan kemudian yang bersangkutan dilepas kembali.

Diharapkan dengan adanya penangkapan dan pembinaan terhadap pelaku dapat menjadi shock therapi bagi yang lain, karena pungutan terhadap pengunjung  wisata dapat merusak image terhadap daerah dan objek wisata.

"Tindakan pungutan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab sudah meresahkan pengunjung," tutur Dailipal.

Dalam kesempatan itu, Dailipal, menghimbau kepada segenap komponen masyarakat terutama mereka yang berada di sekitar objek wisata untuk tidak melakukan pungutan dalam bentuk apa pun jua kepada pengunjung, kecuali pungutan yang diatur dengan Perda atau Perbub.

Kontributor: Indra Yen

Berita Terkait

Baca Juga