Hari Kedua Lebaran, Harga Cabai di Pessel Capai Rp 130 Ribu per Kilogram

Hari Kedua Lebaran Harga Cabai di Pessel Capai Rp 130 Ribu per Kilogram Ilustrasi- Pedagang Cabai Merah. (dok.covesia.com)

Covesia.com- Hari kedua Idul Fitri 1440 Hijriah, harga komoditi cabai di Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) mencapai harga Rp.130 ribu per kilogram, Kamis (6/6/2019).

Sebelumnya, pada hari pertama Lebaran Rabu (5/6), harga komoditi cabai hanya sekitar Rp.60 ribu per kilogram. Tetapi, pada hari ini kenaikkan harga cabai cukup tinggi yaitu dua kali lipat dari hari sebelumnya.

Kenaikan harga komoditi cabai yang melambung tinggi diantaranya terjadi pada cabai merah dan cabai rawit.

"Harga cabai merah Rp 130 ribu per kilo. Sedangkan harga cabai rawit Rp120 ribu perkilogram,"ungkap salah seorang warga di Kecamatan Sutera pulang dari pasar tradisional setempat Opis (37) kepada Covesia.com 

Ia menambahkan, kenaikkan harga cabai merah dan cabai rawit hanya berselang satu hari saja, padahal hari sebelumnya, harga komoditi cabai hanya Rp60 ribu perkilo.

"Tidak disangka naiknya cukup tinggi, padah di hari pertama tidak segitu besar. Untung tadi kepasar membawa uang lebih, kalau tidak, mungkin saya berhutang,"katanya.

Sementara itu, salah seorang penjual makanan siap saji Eli (48) mengatakan, kenaikkan harga cabai yang tembus angka 130 ribu perkilo membuatnnya kesulitan dalam berjualan dan juga berpengaruh dengan pendapatannya.

"Kalau harga cabai seperti ini saya lebih memilih untuk berhenti berdagang saja untuk sementara waktu. Sebab, kalau dipaksakan malah akan rugi, karna saya hanya pedagang sarapan pagi yang kecil dan cabai adalah bahan-bahan utamanya,"katanya sambil mengeluh

Menurutnya, terkait kenaikkan harga komoditi cabai selaku pedagang ia lebih memilih harga bahan lain yang naik dari pada harga cabai. Sebab, cabai adalah bahan pokok utama dalam mamasak.

"Kalau cabai merah dan cabai rawit naik kami kaum ibuk-ibuk pasti sangat kesulitan dan sangat berpengaruh besar, biarlah harga beras atau harga bawang yang naik dari pada cabai merah," ujarnya.

Kontributor Pessel: Indra Yen Putra


Berita Terkait

Baca Juga