Bupati Pasaman Barat Salurkan Zakat Fakir Miskin dan Yatim Piatu

Bupati Pasaman Barat Salurkan Zakat Fakir Miskin dan Yatim Piatu Bupati Syahiran menyalurkan dana zakat kepada ratusan fakir miskin dan Yatim Piatu di Mesjid Agung Baitul Ilmi Simpang Empat, Sabtu (25/05/2019).

Covesia.com - Bupati Pasaman Barat, Syahiran menyalurkan zakat kepada ratusan fakir miskin dan Yatim Piatu di Mesjid Agung Baitul Ilmi Simpang Empat, Sabtu (25/5/2019).

Syahiran meminta masyarakat untuk  manfaatkan dana zakat yang diberikan dengan sebaik-baiknya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari yang di anggap perlu dan juga keperluan untuk lebaran nanti. 

"Zakat ini jangan dilihat dari nilai nominalnya, karena semua ini mutlak bantuan dari Pemda dan sedekah para jamaah di waktu acara tabliq akbar Ustadz Abdul Somad beberapa waktu yang lalu," ujar Syahiran.

Bantuan zakat yang di terima itu berupa potongan gaji PNS Pasbar untuk zakat perbulannya dan uang hasil infak sadakoh di waktu Tabliq Akbar Ustadz Abdul Somad yang berjumlah 110 juta yang mana nanti akan di bagikan 11 Kecamatan.

"Khusus di kecamatan Pasaman ini untuk dapat di realisasikan ke masyarakat yang benar-benar membutuhkan menurut prosedur penerima amal zakat tersebut,"katanya.

Penerima zakat ini kata dia, merupakan hasil seleksi dari pihak kejorongan di Kecamatan Pasaman dengan jumlah penerima 20 orang per jorong.

"Bantuan zakat ini program pertahun yang terus ada dan salah satu kewajiban kita sebagai umat muslim mengeluarkan zakat tersebut. Penerima zakat ini dalam kategori anak yatim piatu umur 12 tahun kebawah dan lansia yang sudah tua renta tak punya apa-apa lagi serta para fakir miskin,"sebutnya.

Ia menegaskan bahwa zakat itu kewajiban umat muslim yang sudah mampu karena di balik rezeki kita pasti tertumpang rezeki orang-orang di sekitar kita yang sangat membutuhkan uluran tangan kita untuk membantu semampunya.

Turut hadir Sekda Pasbar Yudesri, Kadinsos, Kabag Kesra, Ketua Baznas, Camat Pasaman, Jorong serta masyarakat kecamatan Pasaman penerima zakat tersebut.

(eri)

Berita Terkait

Baca Juga