Ratusan Personel Gabungan di Pasaman Turun Amankan Operasi Ketupat Singgalang

Ratusan Personel Gabungan di Pasaman Turun Amankan Operasi Ketupat Singgalang Kasatlantas Polres Pasaman, Iptu Julisman saat diwawancarai Covesia.com, Sabtu (25/5/2019).

Covesia.com - Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat bakal menurunkan 163 personel gabungan guna untuk mengamankan arus mudik lebaran di operasi ketupat Singgalang Tahun 2019.

Kapolres Pasaman, AKBP Hasanuddin melalui Kasatlantas, Iptu Julisman mengatakan seluruh personel gabungan itu nantinya bakal disiagakan di tiga titik pos pengamanan yaitu Equator Bonjol, Lubuk Sikaping dan Panti.

"Untuk personel Satlantas sendiri kita turunkan 42 personel. Sisanya gabungan TNI, Satpol PP, Perhubungan, Damkar dan tenaga medis dari Dinas Kesehatan Pasaman," terang Iptu Julisman kepada Covesia.com, di aula Polres Pasaman, Sabtu (25/5/2019).

Iptu Julisman mengatakan di setiap pos pengamanan nantinya akan dilengkapi dengan pengobatan ringan gratis, tempat istirahat pemudik dan fasilitas bengkel yang dilengkapi mekanik.

"Operasi Ketupat Singgalang ini operasi kemanusiaan yang lebih fokusnya kepada pelayanan bukan penindakan. Jadi nanti pemudik boleh berobat gratis, istirahat, dan memperbaiki kendaraan yang rusak di sekitar pos pengamanan yang kita tunjuk. Kita bantu mekanik dan bengkelnya," katanya.

Menurut Iptu Julisman, pihaknya sudah mewaspadai peningkatan arus mudik lebaran sekitar tanggal 3-4 Juni 2019. Kemudian arus balik awal tanggal 8-9 Juni 2019.

"Kita akan berdayakan personel di setiap Pos Pengamanan dan melakukan patroli sepanjang jalan Lintas Sumatera di Kabupaten Pasaman untuk mewaspadai titik-titik rawan kecelakaan. Kami juga kembali mengimbau kepada pemudik untuk melengkapi seluruh perlengkapan kendaraan bermotor saat melakukan perjalan. Demi keselamatan berlalu lintas," imbaunya.

Sementara untuk kendaraan Truk atau Fuso yang mengangkut barang di Jalan Lintas Sumatera akan dilakukan penyetopan pada H-3 menjelang lebaran.

"Benar. Kecuali truk yang membawa sembako atau makanan. Selebihnya akan kita stop dan diparkirkan di areal yang sudah kita siapkan di tiga Pos Pengamanan. Ini kita lakukan untuk menjaga kelancaran arus mudik lebaran. Kemudian nanti dilepas lagi H+3 lebaran," tuturnya.

(eri)

Berita Terkait

Baca Juga