Ini Penyebab Listrik Sering Padam Mendadak di Pasaman

Ini Penyebab Listrik Sering Padam Mendadak di Pasaman Ilustrasi

Covesia.com - Manager Perusahaan Listrik Negara (PLN) ULP Lubuk Sikaping akhirnya buka suara terkait sering terjadinya pemadaman listrik secara mendadak di daerah itu.

"Ada beberapa hal yang menyebabkan rawannya listrik padam dan terkadang mendadak didaerah ini. Faktor pertama adalah Pasaman saat ini hanya dipasok dari dua Gardu Induk (GI) yaitu Bukittinggi dan Pasbar untuk mengaliri 47.000 pelanggan," terang Manager PLN ULP Lubuk Sikaping, David kepada Covesia.com, Rabu (22/05/2019).

Dengan kondisi tersebut, kata David, jalur transmisi dari Bukiitinggi dan Pasaman Barat menuju Pasaman sangat rawan akan gangguan pohon tumbang yang menerjang kabel hingga tiang listrik.

 "Otomatis saluran listrik akan terganggu dan padam. Jadi ini alamiah bukan ada unsur kesengajaan dari pihak kami," katanya.

Selain itu, secara berkala di daerah itu juga  ada pemadaman bergilir karena sedikitnya suplai arus yang masuk dari GI Bukittinggi dan Pasbar.

"Namun saat ini PLN tengah membangun Gardu Induk (GI) di Ampang Gadang, Kecamatan Panti dengan kekuatan daya 20 MVA. InsyaAllah sesegera mungkin pembangunan ini cepat selesai. Sehingga cukup untuk seluruh pelanggan di Pasaman tanpa harus meminta suplai dari daerah tetangga," ungkapnya.

Disamping itu, pihaknya juga tengah membangun enam kilometer jaringan listrik dari daerah Muaro Cubadak hingga Sumpadang, Kecamatan Rao yang akan disuplai dari Gardu Induk Koto Nopan, Sumut.

"Kita terus berupaya agar masyarakat Pasaman dapat memperoleh penerangan listrik dengan baik. Untuk itu kami juga meminta kerjasama semua lapisan masyarakat untuk menjaga dari berbagai aktifitas yang dapat menimpa jaringan listrik. Baik berupa penebangan pohon sekitar jaringan listrik, main layang-layang, dan tidak memasang sesuatu yang berbahaya di dekat jaringan listrik,"tutupnya.

(hri)

Berita Terkait

Baca Juga