Jelang Pengumuman Hasil Pemilu, Bawaslu Pessel Terima 7 Laporan Dugaan Pelanggaran

Jelang Pengumuman Hasil Pemilu Bawaslu Pessel Terima 7 Laporan Dugaan Pelanggaran Ketua Bawaslu Pessel, Erman Wadison (Foto: Indrayen/Covesia))

Covesia.com - Menjelang diumumkannya hasil pemilu yang telah usai dilaksanakan pada 17 April 2019 pada Rabu (22/5) besok, Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Selatan, menerima tujuh laporan dugaan pelanggaran.

Ketua Bawaslu Pessel, Erman Wadison Mengatakan, sebanyak tujuh laporan dugaan pelanggaran di terima oleh pihaknya. Untuk proses saat ini sudah di serahkan pada Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu).

"Jadi kita tinggal menunggu hasil dari Gakumdu, untuk laporan masuk, banyak yang sama yaitu terkait, perbedaan salinan C1 dan DAA1, dengan demikian pihak pelapor menduga adanya indikasi pelambungan suara,"sebutnya pada Covesia.com, Senin (20/5/2019)

Diterangkannya, dari tujuh laporan yang diterima pihaknya, itu terjadi karna adanya persaingan antar Caleg, karna salinan data C1 dan DAA 1 hasil rekap kecamatan terjadi perbedaan.

"Dimana, beberapa partai yang melapor kepada kita yaitu, PPK, PPS dan KPPS dan juga ada dari Caleg-caleg itu sendiri," jelasnya

Lanjutnya Erman memgatakan, pihaknya sangat konsisten dalam menangani kasus-kasus yang masuk, dan pihaknya bakal menaaati apa yang telah di atur oleh Undang-undang 1945.

"Ya, kita mengerjakan kasus ini, tentu sesuai dengan mekanisme yang ada, dan juga ada beberapa bentuk prosedur lainnya, mesti kita lengkapi, sebagai mana di atur dalam Undang-undang pemilu," pungkasnya

Reporter Pessel: Indrayen

Berita Terkait

Baca Juga