Harga Sembako Kembali Normal di Pasar Pariaman di Pekan Kedua Ramadhan

Harga Sembako Kembali Normal di Pasar Pariaman di Pekan Kedua Ramadhan Foto: Heri Sumarno/covesia

Covesia.com - Sejumlah harga kebutuhan pokok di Pasar Pariaman mulai turun memasuki pekan kedua Ramadhan 1440 hijriah. Hal itu diketahui saat Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) di pasar tersebut, Jumat (17/5/2019). 

Bawang putih yang sempat melambung tinggi hingga Rp100 ribu per kilogramnya sekarang hanya dipatok Rp40 ribu per kilogramnya. Sedangkan bawang merah saat ini berada di harga Rp30 ribu per kilogramnya.

Sementara untuk cabe merah dipatok Rp24 ribu per kilogramnya, cabe rawit Rp28 kilogram per kilogramnya, dan cabe hijau Rp20 ribu per kilogramnya.

Wali Kota Pariaman, Genius Umar mengaku turunnya harga tersebyt tak bisa dilepaskan dari operasi pasarbyang dilakukan oleh pihak pemerintah pusat hingga provinsi sehingga berdampak ke pasar-pasar tradisional yang ada di daerah.

"Alhamdulillah, jelang lebaran harga sejumlah sembako mulai kembali normal. Semoga situasi ini bertahan selama lebaran," ujarnya disela-sela Sidak di Pasar Pariaman.

Jika nantinya kembali naik, diterangkan Genius, pihaknya telah mengantisipasi itu dengan melakukan bazar pasar murah untuk menginstervensi harga kembali stabil.

"Pemerintah pusat dan pemerintah daerah akan mengintervensi untuk menurunkan harga, karena harga yang tinggi akan menimbulkan inflasi," tutupnya.

Reporter Padang Pariaman: Almurfi Syofyan

Berita Terkait

Baca Juga