Ratusan Pasukan Kuning di Bukittinggi Terima zakat

Ratusan Pasukan Kuning di Bukittinggi Terima zakat (Foto: Debi Kurnia/Covesia)

Covesia.com - Sebanyak 200 petugas lapangan dinas lingkungan hidup atau yang popular dikenal pasukan kuning di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) menerima zakat dari Baznas Kota Bukittinggi, Jumat (17/5/2019).

Kepala Baznas Bukittinggi, Rahman Ritonga mengatakan tahun ini masing-masing petugas kebersihan menerima Rp. 400 ribu yang berasal dari program Bukittinggi Peduli 2019 dari Baznas Bukittinggi dengan total dana yang diserahkan mencapai Rp80 juta.

"Pekerjaan pasukan kebersihan ini adalah pekerjaan yang  luar biasa, besar manfaatnya bagi masyarakat dan bagi Kota Bukittinggi. Ini sebagai wujud tunduk kepada Allah yang menyukai keindahan, pahalanya besar sehingga perlu diapresiasi. Maka itu Baznas berfikiran sangat wajar pasukan kebersihan ini dibantu dengan dana zakat," ungkapnya.

Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias menyampaikan zakat yang diserahkan Baznas kepada pasukan kuning tentunya sangat bermanfaat setidaknya bisa memenuhi kebutuhan selama ramadhan.

"Jika dibandingkan dengan tugas pasukan kuning dilapangan tentu tidak sebanding dengan yang dikerjakan, namun zakat ini merupakan bentuk kepedulian kepada pasukan kuning sehingga dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya," jelasnya.

Sementara itu, kepala dinas lingkungan hidup, Nofrianto CH mengatakan, semula petugas lapangan kebersihan dinas lingkungan hidup berjumlah 212 orang. Namun 5 orang petugas telah pension, 2 petugas mengundurkan diri dan 5 petugas lagi akan memasuki pension. 

"Jadi total petugas yang ada hanya 200 orang, sehingga perlu penambahan atau penggantian petugas lapangan sebanyak 15 orang lagi," sebutnya.

(deb)

Berita Terkait

Baca Juga