Ratusan Mustahiq Bukittinggi Terima zakat dari Baznas

Ratusan Mustahiq Bukittinggi Terima zakat dari Baznas (Foto: Debi Kurnia/Covesia)

Covesia.com - Sebanyak 339 Mustahiq Zakat dari Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) menerima zakat dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Kamis (16/5/2019) di Masjid Jamiak Mandiangin Surau Gadang, Bukittinggi.

Ketua Baznas Bukittinggi Prof. A. Rahman Ritonga mengatakan, penyaluran zakat ini merupakan kegiatan rutin tahunan. Dimana pengurus Baznas telah berusaha setiap hari, mengajak warga yang ekonominya cukup baik, untuk berzakat melalui Baznas. 

"Secara perlahan, kesadaran dan keinginan warga untuk menyalurkan zakat ke Baznas semakin tinggi, terutama dari PNS di lingkungan pemko Bukittinggi. Karena itu kita perlu bersyukur dan berterima kasih serta mendoakan agar para muzakki rezekinya semakin lancar dan diberkahi Allah SWT," ungkapnya.

Adapun 339 mustahiq yang menerima zakat tersebut terdiri dari kelurahan Puhun Pintuk Kabun sebanyak 50 orang, Puhun Tembok 28 orang, Campago Ipuah 61 orang, Kubu Gulai Bancah 32 orang, Campago Guguak Bulek 51 orang, Manggis Gantiang 37 orang, Garegeh 24 orang, Pulai Anak Aia 39 orang dan Koto Selayan 17 orang. Setiap mustahiq mendapatkan zakat sebesar Rp 400.000,-.

Selanjutnya Prof. A. Rahman Ritonga juga tak lupa mengingatkan, kepada para mustahiq, untuk tidak lupa membayar zakat fitrah. 

"Meskipun mustahiq mendapat zakat hari ini, kita ingatkan untuk tidak lupa membayar zakat fitrah sebelum Idul Fitri nanti, sebagai salah satu kewajiban seorang muslim," ingatnya.

Sementara itu, Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, mengapresiasi kinerja dari pengurus Baznas Bukittinggi dalam pengumpulan zakat. Dimana dana didominasi dari zakat pegawai negeri Bukittinggi dan diharapkan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok.

“Kami berharap doakan juga para muzakki dan para amil zakat, khususnya para ASN, karena 3000 lebih ASN di Bukittinggi mengeluarkan zakat melalui Baznas. Zakat yang diterima ini manfaatkanlah untuk memenuhi kebutuhan, jangan sesuai keinginan. Sehingga apa yang benar-benar dibutuhkan itu, dapat dipenuhi,” ujar Ramlan.

Lebih lanjut, Wako juga mengimbau warga secara keseluruhan, untuk tidak terlalu konsumtif, berbelanjalah sesuai kebutuhan karena berlebih-lebihan tidaklah baik.

(deb)

Berita Terkait

Baca Juga