Terkait 'People Power', Bawaslu dan Polres Bukittinggi Serukan Ajakan Damai

Terkait People Power Bawaslu dan Polres Bukittinggi Serukan Ajakan Damai Foto: Debi Kurnia

Covesia.com - Terkait people power, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Polres Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), menyerukaan ajakan damai bagi masyarakat.

Menurut ketua Bawaslu Bukittinggi, Ruzy Hariadi mengatakan dari evaluasi pemilu 2019 di Bukittinggi dapat dilihat bawah secara umum berjalan lancar, jujur, adil dan berintegritas.

"Tidak banyak hal yang dianggap sebagai kecuragan, meski ada tiga laporan dan temuan diantaranta tentang APK yakni pelanggaran ringan, pidana pemilu kepada satu orang, dan laporan pemilu dimana tidak ditemukan unsur pelanggaran," ungkap Ruzi, Jumat (17/5/2019).

Ia menambahkan tidak ada kecurangan yang berarti yang bisa dibuktikan dan bukti yang kuat. Dan evaluasi kedepannya penyelenggara dapat bersinergi melaksanakan pemilu sesuai aturan agar tidak terjadi perlanggaran.

Terkait keberatan pemilu di Bukittinggi, Ruzi menungkapkan adanya keberatan ya g disampaikan peserta pemilu karena keberatan dengan hasil tidak sesuai dengan harapannya.

"Terkait hal demikianpun  telah diproses dan tidak terlalu bermasalah," katanya.

Sementara itu, Waka Polres Bukittinggi, Kompol Sumintak mengatakan sejauh ini tidak ada sifat yang menonjol yang dapat merugikan pihak lain.

"Saat ini yang kita lakukan ialah menjaga situasi pasca pemilu ini, agar tidak ada upaya masa yang ikut-ikutan dengan masa lainnya yang dapat menimbulkan kericuhan," ujarnya.

Sejauh ini, tambah Sumintak pengarahan masa araupun indikasi pengarahan masa belum ada, namun dari pihak keamanan tetap melakukan pengamanan jika ditemukannya pengarahan masa yang dapat menimbulkan gangguan kamtibmas.

"Marilah kita jaga keamanan pasca pemilu ini, jangan mudah terpengaruh oleh pihak yang memiliki kepentingan sendiri sehingga menganggu keamanan kita dan membuat perpecahan, meningat saat ini bulan ramadhan, pastinya setiap orang menginginkan kedamaian dan keamanan dalam menjalankan ibadah," imbaunya.

(dbi)

Berita Terkait

Baca Juga